Foto : Pemprov DKI Sediakan Charging Station di Sejumlah Tempat

JAKARTA, headlinejabar.com

Sambut Asian Games 2018, Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Berau Coal dan PT Surya Utama Nuansa, meluncurkan 32 stasiun pengisian (charging station) bertenaga surya di Jakarta.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebut fasilitas ini memiliki banyak fungsi selain mengisi daya ponsel. 

"Yang tidak kalah penting, ini adalah kampanye kesadaran tentang perlunya menggunakan energi terbarukan," kata Anies di Monas.

Menurut Anies, fasilitas ini sangat cocok untuk iklim Indonesia dengan sinar matahari yang menyinari sepanjang tahun. 

Anies berharap nantinya industri, rumah tangga, dan sektor komersial mulai menengok sumber energi listrik ramah lingkungan ini. Anies mengapresiasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dilakukan PT Berau Coal ini.

Direktur PT Berau Coal Paulus Suwasono Satyo Nugroho menambahkan pihaknya berkomitmen meningkatkan kesadaran semua pihak atas energi dari matahari. Tahap awalnya yakni memberi fasilitas listrik bertenaga matahari di Jakarta.

"Enggak usah muluk-muluk, di Jakarta kita lakukan. Kota harap biaa mewakili upaya untuk menggunakan energi terbarukan," kata Paulus kepada media.

Nah ini dia tempat-tempatnya di Monas, charging station ditempatkan di venue Asian Games, Ragunan, Taman Marga Satwa, Wisma atlet dan Gelanggang Olah Raga (GOR). Penempatan fasilitas ini dianggap sesuai dengan pelaksanaan Asian Games. "Jadi sambil nonton pertandingan, masyarakat bisa nge-charge,"ucapnya.(yus/dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)