Foto : anggota KPK menggeledah ruang CCTV milik PJT II Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui sudah berada di dalam kantor Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta (PJT) II Purwakarta sejak pukul 10 pagi tadi, Selasa (4/12/2018).

KPK datang untuk melakukan penggeledahan mulai dari dokumen penting, kamera pengawas sampai memeriksa kendaraan operasional milik PJT II.

Terhitung sudah lima jam anggota KPK berada di areal kantor PJT II yang kini mulai disterilkan. Tidak sembarang orang bisa masuk. Puluhan awak media hanya bisa menunggu dan memantau dari luar gerbang kantor PJT II.

Entah terkait kasus apa, sehingga salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berpusat di Purwakarta ini, berurusan dengan lembaga antirausah.

Namun ada beberapa dugaan dan prakiraan perkara yang membelit PJT II. Mulai dari masalah lahan di Kabupaten Bekasi yang sarat dengan dugaan pungli dan gratifikasi, pipanisasi air bersih, sampai pembersihan eceng gondok di kawasan sungai mati (oxbow) Kopo Bandung.

Memang belum jelas. Bisa saha KPK menemukan kasus lain selain yang disebutkan di atas. Namun, menariknya kasus lahan Bekasi, kabarnya lahan yang terletak di bantaran sungai disinyalir dialih fungsikan jadi permukiman warga hingga tempat usaha.

Pada proses alih fungsi itu kental dengan praktik pungli dan gratifikasi yang diduga melibatkan orang penting di internal PJT II Purwakarta.

Sampai detik ini, pihak direksi maupun humas PJT II Purwakarta belum mau buka statemen terkait penggeledahan KPK ini. (dik/eka)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)