Foto : Komunitas Literasi Purbasari Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Komunitas Literasi Purbasari (Purwakarta Baca Saban Hari) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Tata Kelola Perpustakaan sekolah.

Bimtek tersebut dilakukan selama tiga sesi yaitu 11, 18 Jamuari dan 9 Februari 2019 bertempat di Aula SMPN 1 Purwakarta.

Kadisdik Purwakarta Purwanto diwakili Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pendidikan Dasar Dede Supendi menyampaikan, perpustakaan sekolah merupakan jantung dalam membangun gerakan literasi.

"Gerakan literasi adalah sebuah ikhtiar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karenanya menjadi sebuah keniscayaan adanya peningkatan kapasitas dan kualitas para pustakawan di sekolah-sekolah," kata Dede, dalam sambutannya.

Dede berharap perpustakaan di sekolah dapat menjadi media meningkatnya minat baca para peserta didik. "Disamping itu di sekolah wajib disediakan pojok atau sudut atau saung baca Purbasari yang menarik minat baca siswa," ucapnya.

Ketua Komunitas Literasi Purbasari Disdik Purwakarta Iis Kartis mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh pustakawan dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK, selain dari Purwakarta hadir juga peserta dari Kabupaten Karawang, Subang, Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Menurut Iis yang Juga Pengawas Sekolah, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari praktisi Perpustakaan Sekolah yaitu Ema Marthiagitria juara 1 lomba Pustakawan Tingkat Nasional, Rita dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Purwakarta dan Heryani Prasetyaningsih dari Cirebon yang menyampaikan materi tentang Aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) dalam manajemen perpustakaan.(rls/dik)

Terpopuler

Kampanye Damai Pasangan Cabup dan Cawabup Purwakarta No urut 2 (Hj Anne Ratna Mustika dan H Aming)