Siswa SMKN 2 Kota Sukabumi Juarai Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Darat

Muhammad Rusdi, siswa SMKN 2 Kota Sukabumi akhirnya berhasil terpiih sebagai juara pertama Lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Darat tingkat Provinsi Jawa Barat.

SUKABUMI, HeadlineJabar.com
Mewakili Kota Sukabumi, Muhammad Rusdi, siswa SMKN 2 Kota Sukabumi akhirnya berhasil terpiih sebagai juara pertama Lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Darat tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dengan begitu, Rusdi akan mewakili Jawa Barat dalam perlombaan serupa tingkat nasional yang rencananya digelar pada September 2015.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih pelajar asal SMKN 2 Kota Sukabumi itu. Secara langsung maupun tidak langsung, kata Abdul, Rusdi telah mengharumkan nama Kota Sukabumi di tingkat provinsi maupun pusat.

“Jadi, perlombaan ini merupakan gagasan dari Kementerian Perhubungan. Di setiap kota/kabupaten dan provinsi harus melaksanakan lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan transportasi darat,” tambah Abdul.

Di tingkat Kota Sukabumi, seleksi diikuti puluhan pelajar dari seluruh sekolah. Di akhir penilaian, Rusdi terpilih sebagai pemenang pertama tingkat Kota Sukabumi.

Bersama juara kedua dan ketiga serta juara harapan pertama sampai ketiga, Rusdi dikirimkan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengikuti kegiatan serupa di tingkat provinsi untuk bersaing dengan peserta lainnya yang merupakan perwakilan dari tiap kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Dari hasil seleksi perlombaan, Rusdi akhirnya bisa meraih juara pertama. Juara keduanya berasal dari Kabupaten Karawang dan juara ketiga dari Bogor,” ucapnya.    

Hasil penilaian juri, lanjut Adbul, Rusdi memiliki kemampuan menyajikan makalah dengan bagus serta berbagai pertanyaan yang diajukan tim juri dijawab dengan lugas.

“Termasuk saat wawancara, Rusdi dinilai tim juri memiliki kepercayaan tinggi. Ini tak terlepas pembinaan yang kita lakukan sejak seleksi awal di tingkat Kota Sukabumi. Kita bekali enam orang pelajar yang mewakili Kota Sukabumi itu dengan pengetahuan soal lalu lintas dan materi-materi lainnya,” paparnya. 

Abdul mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, nantinya Rusdi akan menjadi duta pelopor keselamatan transportasi darat.

“Nantinya beliau ikut menyosialisasikan tentang keselamatan transportasi darat kepada pelajar lain di seluruh sekolah. Istilahnya mereka akan menjadi duta keselamatan bertransportasi darat,” tegasnya.  

Saat ini Rusdi sedang dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan serupa untuk tingkat nasional. Kemampuan Rusdi terus ditingkatkan karena akan bersaing dengan perwakilan lainnya dari setiap provinsi.

“Tahun lalu juaranya berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darusallam. Untuk perlombaan tingkat nasional itu, setiap peserta harus memiliki ide atau hasil karya orisinil yang inovatif. Kita doakan semoga Rusdi bisa menjadi juara di tingkat nasional, sehingga bisa membawa nama harum Kota Sukabumi dan Jawa Barat,” pungkasnya.(rie/dzi)