Pengurus Korda MRI Purwakarta Dikukuhkan

Foto: Pengurus MRI Korda Purwakarta Dikukuhkan

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Pengurus lembaga Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) koordinator Purwakarta dikukuhkan, Minggu (6/9) di SMK YPK Purwakarta. Pengukuhan sendiri dihadiri sejumlah pengurus terpilih dan perwakilan dari unsur TNI, Kodim 0619 Purwakarta.

Koordinator Daerah MRI Purwakarta Gigin Ginanjar menyebutkan, MRI ini sudah sejak lama berdiri dan hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam suatu peristiwa (kejadian) yang terjadi.

“Kami hadir bukan hanya untuk membantu kejadian yang disebabkan oleh faktor alam, tetapi kehadiran kami diharapkan bisa membantu semua permasalahan masyarakat,” katanya di sela-sela pengukuhan.

Menurut Gigin, MRI berdiri di bawah naungan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia yang memiliki cita cita menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang sadar, paham dan siaga brncana.

Adapun visi ACT sendiri yakni menjadi institusi terdepan dalam pengembangan ilmu dan manajemen kebencanaan berbasis Total Disaster Management (TDM).

“Sesuai dengan misi, kita juga akam mengembangkan wawasan keilmuan tentang kebencanaan berbasis akademis dan pengalaman praktis,” terangnya.

Selain itu, ia melanjutkan, jika pihak akan mengembangkan sinergi dan kemitraan dalam meminimalisasi resiko bencana serta mewujudkan masyarakat sadar dan siaga bencana.

Diakui Gigin, sebelumnya guna membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, MRI Purwakarta telah membantu atau mendistribusikan air bersih di dua kecamatan di purwakarta.

Ia berharap, kehadiran MRI di Purwakarta dapat diterima oleh semua unsur dan lapisan masyarakat. “Semoga kehadiran kami bisa memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat dan khususnya pemerintah dartah,” harapnya.

Masih diungkapkan Gigin, selain bergerak dibidang kemanusian berbasis bencana alam, MRI juga bergerak dibidang non alam. “Kita juga akan membentuk kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan dan merekrut relawan muda berbasis continue,” ungkapnya.

Sekedar informasi, MRI Koordinator Purwakarta ini sendiri beralamat di Kp Sukasari Kelurahan Tegalmunjul Kec/Kab Purwakarta.(ays)