“Ngalong di Lembur”, Babinkamtibmas Ala Polsek Cibatu Purwakarta

Foto : Tampak salahsatu babinkamtibmas saat melakukan ngalong di desa binaannya. Seluruh babinkamtibmas berdasarkan instruksi kapolsek mesti ngalong di lembur diisi dengan berbagai kegiatan; sambang, binluh, audiensi, dan mengikuti kegiatan di masyarakat

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Sesuai petunjuk dan arahan Kapolres Purwakarta AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko SIK, Kapolsek Cibatu AKP Herri Nurcahyo SH melaksanakan program Babinkamtibmas “Ngalong di Lembur” di desanya masing-masing melaksanakan sambaing, dialogis, binluh, dan kamtibmas.

“Babinkamtibmas melaksanakan program “ngalong di lembur” mengikuti kegiatan sambang warga yaitu mengikuti kegiatan warga masyarakat sambil melaksanakan dialog dan penyuluhan kaitannya dengan antisipasi kriminal maupun antisipasi bencana alam serta program lainnya,” ungkap Kapolsek Cibatu, AKP Herri Nurcahyo SH, di ruang kerjanya, Senin (7/3/2016).

Menurutnya, kegiatan “ngalong di lembur” sendiri sangat besar manfaatnya kaitannya dengan pendekatan dengan masyarakat sebab selama ini keberadaan Babinkamtibmas kurang dikenal oleh masyarakatnya itu sendiri padahal masyarakat bisa meminta bantuan kaitannya dengan keamanan lingkungan maupun hal-hal lain yang memang sangat urgen.

“Babinkamtibmas akan dikenal warganya tatkala Babinkamtibmasnya itu sendiri mau mendekatkan dirinya dengan masyarakat salahstaunya dengan mengikuti berbagai kegiatan warga masyarakat mulai dari shalat magrib berjamaah, shalat isya dan shalat subuh. Disamping mengikuti berbagai kegiatan warga diisi dengan kegiatan dialogis isu-isu hangat khususnya kaitan dengan antisipasi radikalisme, pembinaan dan penyuluhan kamtibmas serta hal-hal lain yang sangat perlu diketahui warga masyarakat,” jelasnya.

Selama ini, lanjutnya, Babinkamtibmas sangat minim dikenal warganya apalagi keberadaannya kurang bermanfaat sehingga kami merasa penting sesuai dengan arahan Bapak Kapolres Purwakarta melalui program “Ngalong di Lembur” lebih mendekatkan diri sosok Babinkamtibmas dan lebih dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat. “Dengan kegiatan ini Babinkamtibmas akan lebih dekat dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda,” papar dia.

“Ngalong di Lembur” lebih mendekatkan diri sosok Babinkamtibmas dan lebih dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat.

“Dengan kegiatan ini Babinkamtibmas akan lebih dekat dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, serta aparat desa dan kepala desa sehingga selain lebih dikenal juga akan memudahkan kita selaku penegak hukum melakukan koordinasi apabila diperlukan,” imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan melalui kegiatan “Ngalong di Lembur” lebih mendekatkan sosok Babinkamtibmas sehingga lebih dirasakan manfaatnya oleh warga dan kami berharap semua Babinkamtibmas dikenal melalui pendekatan budaya di masyarakat sehingga lebih cepat beradaptasi dan cepat dicerna warga apa yang disampaikan melalui program itu.

“Tujuan akhir program ini warga masyarakat lebih mendiri dan faham apa yang mesti dilakukan sehingga tidak melanggar hukum,” tutupnya.

Selama satu bulan penuh Kapolsek Cibatu AKP Herri Nurcahyo SH memantau terus kegiatan “Ngalong di Lembur” yang dilaksanakan Babinkamtibmas di sepuluh desa yang ada. Sementara sebagian besar masyarakat cukup antusias dengan adanya program tersebut karena memang sangat ditunggu-tunggu pendekatan Babinkamtibmas kepada masyarakat sehingga keluh kesah warga bisa disampaikan melalui Babinkamtibmas.(ays/dzi)