Tekan Kasus Kebakaran, Pemkab Purwakarta Tambah Armada Damkar

Foto : Personil Damkar Purwakarta. Pemkab Purwakarta di awal tahun 2016 ini, menambah armada damkar, untuk menekan angka kasus kebakaran.

PURWAKARTAheadlinejabar.com

Menekan kasus angka kebakaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan meningkatkan fasilitas dan alat pemadam kebakaran bahkan idealnya para petugas akan ditempatkan di setiap wilayah di Purwakarta.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerangkan, idealnya petugas Damkar berjaga ada di setiap kecamatan. Hal itu untuk mengurangi resiko telatnya petugas yang datang ataupun meluasnya wilayah kebakaran.

“Idealnya perwilayah memiliki petugas yang jaga, bahkan kita akan rencanakan setiap kecamatan bisa memiliki tugas yang jaga beserta alat pemadamnya,” ujar Dedi di Purwakarta, Jumat (11/3/2016).

Untuk tahun ini, Pemkab Purwakarta akan menambahan jumlah armada dan fasilitas penunjang. “Tahun ini kita akan tambah lagi armada, dengan penambahan armada tersebut kebakaran bisa teratasi,” tuturnya.

Komandan Damkar Purwakarta, Yudi Herdiana menilai, kasus kebakaran terbilang cukup tinggi. Dari tahun 2015 saja kasus kebakaran di Purwakarta terjadi sebanyak 160 kasus.

“Tahun 2015 ada 160 kasus dan kebanyakan terjadi akibat human error dan korsleting listrik bahkan untuk Januari – Maret saja sudah terjadi 6 kasus dan alhamdullilah bisa kita atasi,” ujarnya.

Yudi menyambut baik akan adanya penambahan armada. Menurut Yudi, idealnya untuk mencakup satu kabupaten di Purwakarta minimal ada penambahan 9 armada. Damkar Purwakarta sendiri sampai sekarang sudah memiliki 50 personel dengan 5 armada.

“Kita baru punya lima armada jadi adanya tambahan armada ini kita sambut baik, dan dengan tambaan ini kasus kebakaran bisa teratasi dengan cepat,” ungkapnya.(dzi)