BBMCI Gelar Restocking di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Foto : Ribun benih ikan tawar diteba oleh Bikers Brotherhood MC Indonesia (BBMCI) dalam rangka aktualisasi program Brotherhood For Nature (BFN)  di Perairan Waduk Ir H Djuanda Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2016) pagi.

PURWAKARTAheadlinejabar.com

Bikers Brotherhood MC Indonesia (BBMCI) aktualisasi program Brotherhood For Nature (BFN) menggelar bhakti sosial restocking, penyetokan ulang tebar benih ikan air tawar di Perairan Waduk Ir H Djuanda Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2016) pagi. Ratusan pecinta motor gede (Moge) dan komunitas motor hadir dalam agenda Save Our World tersebut.

Tagline ‘Benteng Pertahanan Terakhir Negara Kita adalah Persaudaraan’, terpampang jelas di spanduk yang dipasang di panggung tempat mereka menggelar even tersebut. Seluruh komunitas yang hadir dalam kegiatan tersebut, juga turut menandatangani nota kesepahaman terkait ikatan kerja sama persaudaraan antar sesama pecinta motor, akan kepedulian terhadap lingkungan.

Foto : Seluruh komunitas yang hadir dalam kegiatan tersebut, juga turut menandatangani nota kesepahaman terkait ikatan kerja sama persaudaraan antar sesama pecinta motor, akan kepedulian terhadap lingkungan.

Memasuki pukul 11.32 WIB, BBMCI bersama anggota motor lain mulai melakukan restocking, penyetokan ulang tebar benih ikan di Perairan Waduk Ir H Djuanda Jatiluhur. Ribuan benih ikan diterbar, untuk dikembangbiakkan di Waduk Jatiluhur. Seperti diketahui, apa yang dilakukan mereka, merupakan bagian bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Pasalnya, aktivitas para bikers tak bisa terlepas dari stabilitas lingkungan sekitar.

Director Nasional BFN Pegi Diar mengatakan, restocking penyetokan ulang benih ikan tawar di Waduk Jatiluhur merupakan aktualisasi program BFN bernama Bhakti untuk Negeri. BFN menebar sedikitnya 2000 benih ikan mas dan nila di Waduk Jatiluhur. Pegi mengakui, sebelumnya BFN usai menebar ratusan burung di Cianjur, Jawa Barat dan selanjutnya BFN juga memiliki program sadar lingkungan lain. Salah satunya, budidaya primata Jawa (Oa Jawa dan Surili), penghijauan pohon mangrop seanjang Searang sampai Pamanukan.

“Untuk restocking benih ikan di Waduk Jatiluhur merupakan program pertama kali yang kami lakukan. Di Kalimantan, kami memiliki lahan penanaman pohon. Intinya kami ingin mengajak seluruh komunitas pecinta motor dan masyarakat untuk sama-sama melakukan pemberdayaan sadar lingkungan,” ujar Pegi kepada headinejabar.com, di sela kegiatan restocking.

Foto : Foto bersama, BBMCI beserta komunitas motor yang hadir.

Koordinator BFN Wilayah Purwasuka Hilman Dogol menambahkan, komunitas motor yang hadir dalam agenda restocking cukup banyak. Mereka datang dari beberapa wilayah di Jawa barat, salah satunya Purwasuka, Cianjur, Region Bandung Selatan dan Sumedang. Kedepan, BFN akan memiliki program Pohon Asuh. Dimana, bukan hanya pecinta motor yang tergabung dalam BBMCI saja yang bisa ikut serta. Melainkan siapapun dalam hal ini masyarakat umum.

“Satu orang satu pohon, maksimal sampai 10 pohon. Kita batasi sampai 10 pohon, kaen atakutnya tidak terawat. Setiap satu pohon harus dipertanggungjawabkan. Jadi, pohon asuh ini merupakan pemberdayaan di wilayah Save Our World,” tutup dia.(jem/dzi)