Ketahui Makna “Water and Jobs” Tema Hari Air Sedunia 2016

SEJAK diumumkan pada 22 desember 1992 dalam Sidang Umum ke-47 PBB di Rio de Janeiro, Brasil, Setiap tahunnya mulai 1993, tanggal 22 Maret diperingati sebagai hari air sedunia.
Sepeti tahun-tahun sebelumnya, hari air sedunia selalu diperingati degan tema tertentu. Tema untuk tahun 2016 adalah Water and Jobs. Hubungan antara air dan pekerjaan mendapat sorotan mengingat air memiliki peran penting menentukan pekerjaan yang layak terutama bagi kaum buruh yang menopang pembangunan.
Data juga menunjukkan, Rp1,5 miliar orang atau lebih dari setengah dari jumlah kaum pekerja di dunia bekerja di bidang yang berhubungan langsung dengan air. Masyarakat pekerja juga seringnya tidak mendapat akses yang mudah terhadap air bersih dan layak pakai.
Segala bentuk dan industri yang berhubungan dengan air dituntut untuk lebih bijak dalam mengatur pengunaan air bersih serta mengurangi pencemaran sumber air.
Water and Jobs juga turut menyuarakan bahwa dengan kualitas dan kuantitas air yang lebih baik, akan terbuka jalan menuju pekerjaan yang lebih baik pula.
Tahun 2016 merupakan awal baru setelah berakhirnya gerakan bertajuk. “International Decade for Action; Water for Life 2005-2015”. Dalam Sidang Umum ke-58 PBB Desember 2003, gerakan tersebut ditetapkan sehingga tema-tema hari air sedunia selama satu dasawarsa itu berhubungan dengan iar dan kehidupan.