Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong Diresmikan

BANDUNG, headlinejabar.com

Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 (Cileunyi Rancakalong) diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Direktur Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka.

Peresmian Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 (Cileunyi Rancakalong) dilakukan di simpang susun Cileunyi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022) pukul 15.30 WIB.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berterimakasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri PUPR Basoeki Hadi Mulyono, CKJT, CRBC, dan pihak-pihak yang telah membantu penyelesaian jalan bebas hambatan tersebut.

“Alhamdulillah jalan tol yang ditunggu tunggu warga Jabar khususnya yang dilintasi seperti Kabupaten Bandung, Sumedang, Majalengka, dan Cirebon. Jalan tol Cisumdawu telah dibuka seksi 1 sampai Rancakalong Sumedang. Mudah mudahan ini menjadi awal baik pertumbuhan ekonomi di Jabar. Karena ini akan bermuara ke bandara Kertajati Majalengka,” ujar Emil, sapaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Emil pun menambahkan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu itu selain memudahkan akses dari Bandung ke Bandara Kertajati, juga sebaliknya. Warga Cirebon dan priangan timur bisa ke Bandung dengan mudah dan cepat. Juga untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Tanjungsari, dan Cadaspangeran Sumedang.

“Ya tak hanya jalan tol, di Jabar juga akan dibuka jalur kereta api cepat Jakarta Bandung. Diharapkan dengan adanya beberapa akses itu membuat Jabar jadi kota maju terdepan. Slogan Jabar Maju Masyarakat Sejahtera semoga cepat tercapai,” tandasnya.

Dalam Waktu Dekat Tol Cileunyi Garut Tasik Hingga Banjar dan Pangandaran Segera Ground Breaking

Tak hanya Tol Cisumdawu. Dalam waktu dekat ini tol Cileunyi Garut Tasik Hingga Banjar dan Pangandaran Insya allah minggu depan akan diadakan ground breaking.

Seperti diketahui Jelang Pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 (Cileunyi-Rancakalong) situasi arus lalu lintas di simpang susun Cileunyi masih terpantau lancar. Kendaraan dari arah Garut menuju Tol Padaleunyi maupun dari Sumedang yang akan ke Tol Padaleunyi masih terbilang ramai lancar, Senin 24 Januari 2022 sekira jam 13.00 WIB.

Begitu pun kendaraan dari arah Tol menuju Garut/Tasik maupun ke Sumedang masih terpantau lancar. Tak terlihat antrian kendaraan maupun warga yang akan menyaksikan pengoperasian jalan bebas hambatan tersebut. Hanya petugas lapangan yang tengah mempersiapkan tenda dan papan informasi terkait akan adanya Gubernur Jabar dan beberapa pejabat di Kementrian PUPR.

Seperti yang diberitakan sebelumnya. Rencananya peresmian Tol Cisumdawu baru dilakukan di seksi 1 yaitu yang menghubungkan Cileunyi – Rancakalong yang memiliki panjang sekitar 10 Kilo meter.

Di seksi 1 Tol Cisumdawu sepanjang Cileunyi-Rancakalong ini sudah dilengkapi garis penyelamat atau escape line. Begitu pun penunjuk arah dan marka jalan sudah terpasang dengan rapih.(net/dik)