Optimalisasi Layanan Publik Versi Pemkab Purwakarta

Program Pelayanan Publik di Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Selain Mal Pelayanan Publik Madukara yang menjadi ikon Pemkab Purwakarta dalam melayani segala kebutuhan masyarakat dan para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Purwakarta.

Terdapat kuga pelayanan publik dengan konsep jemput bola pada program Gempungan di wilayah pedesaaan. Sementara untuk wilayah perkotaan program tersebut dinamai program Pelayanan Publik. Program tersebut menjadi inovasi pemerintahan yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Purwakarta.

Hingga pertengahan Mei 2023 ini, program tersebut setidaknya telah dilakukan pada empat titik di wilayah perkotaan atau Kecamatan Purwakarta Kota, yaitu di Kelurahan Ciseureuh, Purwamekar, Tegal Munjul dan Kelurahan Nagri Kaler, bahkan untuk kelurahan Nagri Kaler, sempat digelar dua kali.

“Dalam program ini terdapat sejumlah layanan publik untuk warga, mulai dari ketenagakerjaan, kependudukan, perizinan OSS, kesehatan, BPJS, PBB, dan pelayanan KB. Dengan program ini, Pemda Purwakarta dan seluruh stakeholder terkait bersinergi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Purwakarta,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Dalam agenda Pelayanan Publik di Kelurahan Purwamekar, pada 12 Mei 2023 lalu, dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Kepala DKUPP, Kepala Dinas Kesehatan beserta seluruh stakeholder. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada para penerima bantuan sosial.

Masih di lingkungan kelurahan Purwamekar, Bupati Purwakarta beserta jajaran juga melanjutkan kegiatan dengan menghadiri Pelaksanaan Bale Sauyunan.

Program Bale sauyunan atau Posbindu ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta bersama TP PKK Kecamatan. Dilakukan pemberian sembako bagi lansia dan disediakan pengecekan kesehatan serta pemberian buku panduan kesehatan bagi lansia.

“Dengan program ini, diharapkan dapat meringankan dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan segala bentuk pelayanan, serta dapat terpenuhinya kebutuhan pangan dan terpantaunya kesehatan para lansia di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Lebih jauh, Bupati Anne menjelaskan, program pelayanan publik ini merupakan program kerja Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan beragam akses pelayanan publik yang dibutuhkan.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus meningkatkan pelayanan publik untuk masyarakat, dengan memaksimalkan peran dan fungsi kecamatan dan diharapkan sinergitas pelayanan publik ini akan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Segala bentuk upaya dan langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan,” demikian Ambu Anne.(ADV)