Bupati Purwakarta Ajak Generasi Muda Manfaatkan Teknologi Digital untuk Raih Kesuksesan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjadi Keynote Speaker pada Kegiatan Jaringan Muda Berdaya di Gedung Creative Center Purwakarta, Selasa, 22 Agustus 2023.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajak generasi muda untuk memanfaatkan teknologi digital dalam meraih kesuksesan.

Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia pada periode 2022-2023 mencapai 215 juta atau setara dengan 77,02 persen dari total populasi Indonesia.

Penggunaan internet di Indonesia masih tergolong masif karena belum diiringi dengan literasi digital yang baik.

Hal ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia di tengah-tengah era digital, dimana masyarakat dibanjiri arus informasi yang deras namun tanpa adanya filter yang baik sehingga berpotensi terjadinya disinformasi, misinformasi dan misinterpretasi.

Oleh karena itu, diperlukan adanya literasi digital. Literasi digital dibangun oleh empat pilar yang saling menunjang, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Selain itu, pendidikan etika yang berbasis nilai-nilai lokal sangat penting untuk diberikan kepada generasi muda sebagai dasar dalam pergaulan bermedia sosial, karena media sosial saat pesat perkembangannya.

Hal itu disampaikan Bupati Anne saat menjadi Keynote Speaker pada Kegiatan Jaringan Muda Berdaya dalam tema Transformasi Industri dan Peluang Karir di Era Digital, bertempat di Ruang Workshop Gedung Creative Center Purwakarta, Selasa, 22 Agustus 2023.

“Dalam rangka mendorong literasi digital di Kabupaten Purwakarta, tadi saya memberikan gambaran singkat mengenai koneksi global, telekomunikasi, e-commerce, pemasaran digital, Big data dan analitik,” kata wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu dalam keterangannya.

Ambu Anne menjelaskan, perkembangan teknologi industri dari masa ke masa mengalami peningkatan, mulai dari industri 4.0 hingga industri 5.0 yang semakin canggih.

Maka dari itu, masyarakat harus memiliki ilmu. Ilmu akan didapat apabila dipelajari, baik keterampilan secara teknis, kreatif, bisnis dan manajemen, komunikasi, penyelesaian masalah, belajar mandiri, adaptabilitas, bekerja dengan tim, kreativitas, etika digital, multikultural, dan lain-lain.

Diharapkan masyarakat Kabupaten Purwakarta dapat mengikuti perkembangan jaman dengan menerapkan literasi digital yang baik, agar kehidupan masyarakat semakin berkembang dan sejahtera.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dalam memberikan pemahaman kepada anak muda bagaimana menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital yang terus berkembang seperti sekarang,” kata Ambu Anne.

Turut hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber yaitu anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Purwakarta, Yus Djunaedi Rusli, Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Ketua Umum Jaringan Muda Berdaya Kabupaten Purwakarta, serta adik-adik pelajar dan mahasiswa peserta workshop literasi digital.