Bupati Purwakarta Terima Penghargaan Lencana Karya Bakti Gerakan Pramuka

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika diganjar penghargaan Lencana Karya Bakti oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika diganjar penghargaan Lencana Karya Bakti oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.

Lencana tersebut disematkan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam acara HUT Pramuka ke- 62 tingkat Jabar yang digelar di Stadion Wibawamukti, Bekasi, Rabu 30 Agustus 2023.

Lencana Karya Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada para anggota Gerakan Pramuka yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin dan keberaniannya telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta bagi gerakan pramuka atau gerakan kepramukaan dunia.

“Terimakasih kepada kakak-kakak dan adik-adik semuanya, yang terus menggelorakan, menggaungkan Gerakan Pramuka di Kabupaten Purwakarta sebagai wadah untuk pembentukan karakter anak bangsa. Tetap semangat dan salam Pramuka,” kata Ketua Mabimcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta yang kerap disapa Ambu Anne itu.

Ambu Anne juga menegaskan, Gerakan Pramuka di Kabupaten Purwakarta telah hadir dan akan selalu ada ditengah masyarakat dan terus berupaya agar menjadi gerakan positif yang mampu membangun kebersamaan serta memupuk jiwa sosial kepada sesama serta menitikberatkan pentingnya membangun rasa nasionalisme tinggi dan memiliki daya saing yang kuat.

“Kita semua berharap agar gerakan Pramuka mampu memberi inspirasi dan kontribusi terhadap bangsa dalam menjawab tantangan zaman. Pramuka juga sebagai kegiatan yang edukatif bagi generasi muda soal makna persatuan dan kesatuan dengan membumikan Dasa Dharma Pramuka,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, tantangan sekarang ini semakin kompleks, karena saat ini merupakan era milenial, era kemajuan zaman yang memberikan tantangan dan juga godaan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ditengah kondisi saat ini harapan kita generasi muda tidak lupa akan sejarah, melalui Pramuka patriotisme, nasionalisme harus bisa tumbuh dan berkembang demi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Ambu Anne.