Surya Hadi Darma Dilantik Jadi Ketua STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta

Surya Hadi Darma Dilantik Jadi Ketua STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) DR KH EZ Muttaqien Purwakarta melantik Dr. Surya Hadi Darma, M.Ud menjadi Ketua STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Pelantikan tersebut, mengacu pada Surat Keputusan Ketua YPI DR KH EZ Muttaqien nomor 01.826/SK/YPI/VIII/2023 tanggal 31 Agustus 2023 tentang Pengangkatan Ketua STAI DR KH EZ Muttaqien periode 2023-2027.

Surya dilantik di Auditorium STAI Muttaqien Jalan Baing Yusuf No 35 Jalan Baru Babakancikao Purwakarta.

Ketua Dewan Pembina YPI DR KH EZ Muttaqien Prof. Dr. Sanusi Uwes, M.Pd menyampaikan, pola pergantian ketua sudah memenuhi prosedur demokrasi yang sepenuhnya dipilih oleh senat akademik.

“Ketua pertama saya sendiri yang waktu itu bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) lalu dilanjutkan oleh alumni pertama Dr Anang Abdul Razak, M.Pd dan saat ini periode 2023-2027 dipimpin oleh Dr Surya Hadi Darma yang juga merupakan alumni,” kata Sanusi.

“Semoga pergantian kepemimpinan ini terus membawa perubahan kemajuan kampus,” ujar Sanusi.

Pasca dilantik sebagai Ketua STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta 2023-2027, Surya memboyong visi misi penting untuk dijalankan seluruh civitas akademik empat tahun ke depan.

“Utamanya menyangkut persoalan inovasi digital. Sistem pelayanan STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta, ke depan harus berbasis digital. Termasuk juga perihal pengarsipan dokumen. Mengingat digitalisasi di perguruan tinggi, ini sangat bepengaruh kepada akreditasi tiap-tiap program studi,” ucap Surya.

Surya siap mengejawantahkan spirit lima integrasi yayasan dalam setiap program kerja selama satu periode ke depan.

“Untuk mengukur ketercapaian program kerja maka diperlukan komitmen dan produktivitas kerja dari semua staff pimpinan,” kata dia.

Tak kalah penting, dalam jabatan ketua ke depan, Surya akan berupaya menghantarkan seluruh prodi untuk meraih predikat akreditasi kategori unggul.

“Kebetulan di sini ada 6 prodi S1 dan 1 prodi S2, dan baru 2 prodi yakni PAI dan PBA yang sudah berpredikat akreditasi baik sekali. Ke depan insyaAllah semua prodi minimal akreditasinya baik sekali,” ujar Surya.

Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Drs. H. Maman Rosama KM. MM yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd beserta jajaran pengurus yayasan lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Purwakarta yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Dicky Darmawan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPINDA), Organisasi Perangkat Daerah, para Ketua Perguruan Tinggi se Kab. Purwakarta, Organisasi Profesi, dan Organisasi Kemahasiswaan.

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) DR KH EZ Muttaqien mengelola 3 Perguruan Tinggi yaitu STAI, STT dan STIE, 2 sekolah yaitu Madrasyah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta 1 pondok pesantren.

Untuk diketahui, STAI DR KH EZ Muttaqien sendiri telah memiliki 6 program studi strata satu (S1) dan 1 program studi strata dua (S2) yang terdiri dari prodi Pendididikan Agama Islam (PAI) S1 dan S2, Hukum Keluarga Islam (HKI), Ekonomi Syari’ah (Ekos), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).