Harpelnas 2023: Petinggi BPJamsostek Turun Layani Peserta Secara Langsung

Anggota Dewan Pengawas BPJamsostek M Iman NHB Pinuji saat melayani peserta di kantor cabang Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) diperingati setiap tanggal 4 September tiap tahunnya. Peringatan ini selalu menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek untuk mempererat hubungan dengan para peserta.

Kali ini dengan mengusung tema “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJamsostek menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

Pada momen Harpelnas tahun ini, Anggota Dewan Pengawas BPJamsostek M Iman NHB Pinuji dan Kushari Suprianto mengunjungi Kantor Cabang BPJamsostek Kabupaten Purwakarta, Senin 4 September 2023.

M Iman NHB Pinuji dan Kushari Suprianto turun langsung ke Kantor Cabang Purwakarta untuk menyapa dan melayani peserta, sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJamsostek.

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJamsostek. Hari ini kami hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan,” ucap M Iman.

“Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar ke depan layanan BPJamsostek semakin sempurna dan sesuai kebutuhan,” ujar M Iman.

Untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJamsostek terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.

Lebih lengkapnya, saat ini seluruh kantor cabang BPJamsostek hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas.

Di sektor digital, BPJamsostek telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

“Hingga semester I tahun 2023 kami telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun,” kata M Iman.

Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 3 persen.

“Secara keseluruhan succes rate klaim kami juga mencapai 99,88 persen, hal ini membuktikan bahwa peserta kian mudah mengakses layanan BPJamaostek,” ucap M Iman.

Serahkan Manfaat Program serta Beasiswa Pendidikan

Dalam kesempatan ini, BPJamsostek turut menyerahkan manfaat program serta beasiswa pendidikan.

BPJamsostek turut menyerahkan manfaat program serta beasiswa pendidikan.

Untuk santunan jaminan kecelakaan kerja (JKK) cacat anatomis diberikan kepada Lingga Purnama Anuari karyawan PT Tri Centrum Fortuna sebesar Rp75.124.248.

Untuk santunan jaminan kematian (JKm) diserahkan kepada ahli waris Nanang Saripudin perangkat Desa Cianting sebesar Rp42.000.000.

Terakhir penyerahan santunan JKK, JHT, JP, dan beasiswa kepada ahli waris Gilang Setra Pamungkas karyawan Mandiri Utama Finance sebesar Rp689.777.130.

Kepala BPJamsostek Cabang Purwakarta Novri Annur mengatakan, semua ini merupakan bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera.

“Meski tak dapat menggantikan kehadiran orang tersayang, namun kami berharap manfaat yang diberikan BPJamsostek dapat membantu keluarga melanjutkan hidupnya dengan layak dan bebas cemas,” kata Novri.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa kerja keras bebas cemas.

Pihaknya juga memastikan BPJamsostek selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.

“Selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, semoga dengan beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini, hubungan peserta akan semakin erat dengan BPJamsostek dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan diri dan seluruh orang-orang terdekatnya sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Anggoro.(dik)