Anies Baswedan Resmikan Poliklinik Executive RSU Asri Purwakarta

Anies Baswedan Resmikan Poliklinik Executive RSU Asri Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan meresmikan Poliklinik Executive RSU Asri, Jl. Veteran No.15, Kabupaten Purwakarta, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bacapres yang diusung Koalisi Perubahan (NasDem, PKB, dan PKS) ini juga menjadi pembicara pada Seminar Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif UU Kesehatan No. 17/2023 yang digelar rumah sakit tersebut.

“Fasilitas kesehatan seperti ini memang sangat dibutuhkan supaya kebutuhan pelayanan itu tidak selalu terkonsentrasi,” katanya.

Anies mencontohkan, ketika terjadi pandemi banyak yang datang ke Jakarta justru dari tempat-tempat yang radiusnya kira-kira 3 jam dari Jakarta.

“Bahkan sampai ada yang dari Cirebon. Nah, pada waktu itu kebijakan kami adalah tidak membedakan, tidak usah dilihat KTP-nya, kita tetap melayani,” ujarnya.

Tapi, sambungnya, seharusnya memang ada lebih banyak lagi fasilitas kesehatan di daerah, sehingga rakyat yang membutuhkan tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bandung atau ke Jakarta.

“Alhamdulillah Rumah Sakit Asri ini memberikan fasilitas. Kemudian, terkait dengan fasilitas kesehatan, kita menyadari betul perkembangan ilmu di bidang kesehatan ini bergerak sama cepat dengan tuntutan untuk pelayanan yang makin baik. Hal itu makin hari makin meningkat,” ucapnya.

Anies melanjutkan, ketika dilakukan survei tentang pelayanan kesehatan sering kali hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat. Sementara puas atau tidak puas itu bergantung pada harapan.

“Sehingga tingkat kepuasan itu bergantung kepada harapan. Semakin tinggi harapan semakin sulit puas, semakin rendah harapan semakin mudah puas,” kata Anies.

Namun, lanjutnya, kalau menilainya berdasarkan kriteria maka bukan kepuasan, tapi kesesuaian dengan standar dan kriteria.

“Nah, saya melihat fasilitas yang ditunjukkan di sini (RSU Asri) fasilitasnya memiliki standar yang tinggi. Artinya, warga di sini dilatih untuk mendapatkan fasilitas yang tingkat kepuasannya semakin tinggi,” ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, capaiannya pun tingkat global, sehingga akan bisa setara dengan pelayanan kesehatan di kota besar bahkan di kota negara-negara maju.

“Nah, ini sesuatu yang sangat menarik ketika di Purwakarta ada terobosan ini. Kami sampaikan selamat dan mudah-mudahan ini menjadi sumur pahala yang alirannya tidak pernah berhenti,” ucap Anies.

Anies menambahkan, semangat RSU Asri bukan sebagai entitas untuk profit center tapi sebagai entitas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk sustainability, tentu harus bisa mengelola secara keuangan dengan baik dan kepada para dokter semua saya sampaikan selamat telah memiliki fasilitas yang bagus, mudah-mudahan dengan begitu pelayanan menjadi lebih baik,” katanya.