KPU Purwakarta Tetapkan 732 Caleg DPRD Setempat Masuk DCT Pemilu 2024

Lima anggota KPU Purwakarta saat melaksanakan Rapat Pleno Penetapan DCT anggota DPRD setempat Pemilu 2024, Jumat 3 November 2023. (Dok. KPU Purwakarta)

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Jawa Barat, telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta untuk Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil pleno KPU Purwakarta pada Jumat 3 November 2023, terdapat 732 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) diterapkan menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari 18 partai politik lolos DCT DPRDKabupaten Purwakarta.

Penetapan DCT anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, telah melalui proses dan tahapan yang cukup panjang, mulai dari pendaftaran bakal calon. Kemudian tahapan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Berikut link pengumuman DCT anggota DPRD Kabupaten Purwakarta berdasarkan Keputusan KPU Purwakarta Nomor 315 Tahun 2023, klik di sini.

Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta Pemilu 2024.

Sebanyak 732 caleg dinyatakan lolos verifikasi dan masuk DCT. Jumlah tersebut tidak berkurang dari pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS).

“Masih sesuai saat waktu pengumuman DCS, jadi tidak berkurang, hasil pleno penetapan DCT sejumlah 732 orang,” kata Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana saat di Kantor KPU Purwakarta, Jumat, 3 November 2023.

Dian menyebut ada sejumlah caleg yang diganti oleh partai politik.

“Ada sejumlah pergantian, karena ada bacaleg yang meninggal dunia,” katanya.

Dirinya juga menyebutkan, pihaknya sudah mengundang perwakilan masih-masing partai untuk melakukan konfirmasi atas penetapan DCT.

Hal ini dilakukan untuk memastikan nama hingga gelar caleg sudah sesuai.

“Kami undang perwakilan masing-masing partai politik untuk lakukan cek dan ricek. 732 caleg dilakukan pencermatan untuk nama para caleg, karena itu untuk surat suara nanti,” ucapnya.

Sebanyak 732 caleg yang ditetapkan masuk DCT dirapat pleno kan berasal dari 18 partai politik.

“732 caleg itu dari 18 partai, dari total 18 parpol peserta pemilu 2024,” ucapnya.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Purwakarta, 732 caleg yang terdaftar dan telah diverifikasi telah memenuhi 30 persen kuota perempuan.