Prodi Manajemen UBP Karawang Gelar Diseminasi Internasional UMKM sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Bangsa di Malaysia

Prodi Manajemen UBP Karawang Gelar Diseminasi Internasional UMKM sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Bangsa di Malaysia

KARAWANG, headlinejabar.com

Bangun kampus bereputasi Internasional, UBP Karawang gelar diseminasi hasil penelitian, di Malaysia dan pengabdian bagi warga negara global.

Menurut Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM, diseminasi hasil penelitian ini diselenggarakn di Univerisiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Muadzam Shah.

Sedangkan, pengabdian warga negara global digelar di Sasana Suksa School, Tabing, Sai Buri, Thailand.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari 12 program studi yang tersebar di 7 fakultas.

“Partisipasi dalam kegiatan semacam ini adalah langkah signifikan untuk menghadirkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi, serta memperkenalkan potensi riset dan pengabdian masyarakat yang dimiliki oleh UBP ke tingkat internasional,” Prof. Dedi, sapaan akrabnya.

Karya ilmiah yang dipresentasikan salah satunya dari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UBP Karawang yang memaparkan tentang pengembangan pengelolaan UMKM Mikro sebagai pilar pembangunan ekonomi bangsa dan negara.

“Kita memiliki binaan pelaku umkm di wilayah Kabupaten Karawang, yang menjadi fokus utama kita untuk mengembangkan secara pengelolaan usaha dan produksi, mulai dari manajemen keuangan atau permodalan, pemasaran seperti digital marketing, maupun pengemasan produk,” jelas Koorprodi Manajemen, Suroso SE., MM.

Hal ini bertujuan untuk menggenjot para pelaku UMKM mikro di Karawang menuju pasar global.

Selain diseminasi, UBP Karawang juga membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Univerisiti Islam Antarabangsa Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, Malaysia.

Dalam MoU-nya, UBP Karawang akan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dengan memberikan beasiswa terhadap dosen untuk melanjutkan studi S3.

“Di prodi manajemen sendiri ada 13 dosen yang akan melanjutkan studi S3, dengan gelar akhir Doctor of Philosophy atau PhD,” ungkap Suroso.

Hal itu dilakukan, sebagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan UBP Karawang untuk menciptakan lulusan sarjana yang berdaya saing unggul dan mampu menjawab tantang serta kebutuhan zaman.