Ciptakan Lulusan Sarjana Berkompeten, FIK UBP Karawang Gelar Benchmarking KurOBE ke Telkom University

Ciptakan Lulusan Sarjana Berkompeten, FIK UBP Karawang Gelar Benchmarking KurOBE ke Telkom University

KARAWANG, headlinejabar.com

Menuju Program Studi Unggul, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UBP Karawang melakukan benchmarking penerapan Kurikulum Outcome Based Education (KurOBE) ke Fakultas Rekayasa Industri Telkom University, Selasa (21/11).

Kunjungan benchmarking KurOBE FIK, UBP Karawang ini disambut baik oleh Wakil Dekan 1 Dr. Tien Fabrianti Kusumasari, ST., MT, beserta Ketua program studi dan sekretaris program studi di lingkungan Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University.

Sebelumnya diketahui, pengembangan KurOBE yang disampaikan oleh Dr. Tien dan para Kaprodi, telah berhasil mengantarkan Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University mendapatkan akreditasi internasional IABEE.

Dalam hal ini, menurut Dr. Ahmad Fauzi, M.Kom, perlu kiranya UBP Karawang melakukan benchmarking penerapan KurOBE dengan Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University yang bertujuan untuk mencari parameter penting dalam pengembangan penerapan KurOBE

“Peninjauan kurikulum program studi dilakukan dengan melibatkan pakar, stakeholders, dan alumni. Kurikulum OBE disusun program studi dengan mendapatkan bimbingan Bapak Prihandoko, PhD dari APTIKOM dalam kegiatan workshop di UBP Karawang selama 3 hari.” jelasnya.

Mengingat, Visi-misi UBP Karawang berwawasan kebangsaan dan bereputasi internasional. Dalam hal ini, FIK yang perlu ditopang dengan infrastuktur akademik yang dapat mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa FIK.

“Untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik, diperlukan proses pendidikan yang baik pula. Proses ini sangat berkaitan dengan proses pembelajaran yang ada di dalamnya, dan inilah yang menjadi salah satu alasan kami, untuk dikembangkannya kurikulum Outcome-Based Education (OBE),” ucapnya.

Dr. Ahmad Fauzi menjelaskan kurikulum berbasis OBE yang telah diterapkan FIK, UBP Karawang tahun akademik 2022/2023 ini merupakan pendekatan kurikulum yang berfokus pada hasil. Dalam penerapan OBE, bukan hanya pemaparan materi di kelas, tetapi juga berfokus pada persiapan lulusan agar memiliki kemampuan yang siap diaplikasikan dalam dunia kerja.

Sementara itu, dikatakan Kaprodi Sistem Informasi, Tukino, S.Kom., M.MSi dan Kaprodi Teknik Informatika, Jamaludin Indra, M.Kom, benchmarking FIK ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama antara UBP Karawang dengan Telkom University.

Mereka semua merasakan manfaat kegiatan ini dan akan melanjutkan kerjasama dalam pengembangan penerapan KurOBE.

“Dukungan penuh yang telah diberikan pimpinan universitas menambah keyakinan untuk keberhasilan penerapan kurikulum OBE di FIK, UBP Karawang,” tandas mereka berdua.