Fakultas Farmasi UBP Karawang Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Teaching Industry

Fakultas Farmasi UBP Karawang Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Teaching Industry

KARAWANG, headlinejabar.com

Ubepe Kreatif Mandiri merupakah perusahaan yang didirikan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi, UBP Karawang, angkatan 2018.

Perusahaan tersebut berdiri setelah mahasiswa Farmasi UBP Karawang, meraih juara 3 nasional Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM), pada tahun 2020 silam.

“Dari kompetisi tersebut usahanya terus berlanjut sampai mereka mendaftarkan usaha mereka pada Notaris Teguh Prayitno, SH., M.Kn.,” kata Dekan Farmasi UBP Karawang, apt. Neni Sri Gunarti, M.Si.

Badan usaha CV. Ubepe Kreatif Mandiri yang bergerak di bidang kosmetik ini, telah memiliki karyawan yang terdiri dari alumni dan mahasiswa farmasi UBP Karawang.

Kemudian, ditahun 2023 ini industri kosmetik Ubepe Kreatif mandiri sudah mendapatkan perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha, sertifikat pemenuhan aspek cara pembuatan kosmetik yang baik golongan B dari BPOM RI.

“Bulan desember 2023 ini akan dipersiapkan untuk notifikasi produk pertama dan mudah-mudahan notifikasi produknya bisa keluar dengan cepat sehingga bisa launching produk kosmetik pertama dengan Ijin BPOM RI,” kata Neni.

Saat ini, Ubepe Kreatif Mandiri juga tengah menyiapkan untuk mendapatkan sertifikat jaminan produk halal dari badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Kami merasa bangga atas pencapaian ini, semoga mahasiswa bisa berkolaborasi dengan alumni dan dosen untuk menciptakan peneltian yang bisa langsung dihilirisasi sehingga mendapatkan produk yang berijin BPOM dan bisa dijual serta bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkapnya

Menurut Neni, Ubepe Kreatif Mandiri ini merupakan salah satu langkah strategis dari program Teaching Industry, Fakultas Farmasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UBP Karawang, agar calon lulusan dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Neni menjelaskan teaching indudstry ini adalah model pembelajaran di UBP Karawang yang berfokus pada produksi atau pelayanan berdasarkan standar dan prosedur industri.

Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan yang menyerupai situasi di dunia industri akan memberikan pengalaman belajar yang berharga terhadap mahasiswa Farmasi UBP Karawang.

“Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengoptimalkan pengalaman belajar mereka dalam praktis dan membantu mereka mencapai cita-cita mereka,” timpalnya.