Teladani Pahlawan, Mahasiswa UBP Karawang Sambangi Monumen Rawagede

Teladani Pahlawan, Mahasiswa UBP Karawang Sambangi Monumen Rawagede

KARAWANG, headlinejabar.com

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menyambangi monumen rawagede, yang terletak di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Senin 11 Desember 2023.

Monumen bersejarah ini menjadi saksi bisu tindakan militer Belanda saat membantai 483 masyarakat Indonesia.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyasi, SE., MM., menilai, keteladanan perilaku pahlawan dan kunjungan ke setiap monumen tempat perjuangan bangsa Indonesia dapat menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan rasa cinta tanah air mahasiswa dengan cara merefleksikan sejarah perjuangan bangsa.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi (Berwawasan Kebangsaan dan Bereputasi Internasional, red) UBP Karawang untuk tidak hanya mencetak sarjana yang berkualitas tetapi juga membentuk karakter yang memiliki kecintaan dan kepedulian terhadap bangsa,” jelasnya.

Untuk itu, kegiatan tersebut dipandu oleh seorang ahli sejarah tragedi monomumen Rawagede, Sukarman.

Sukarman memberikan wawasan tentang Monumen rawagede yaitu, salah satu bab kelam dalam sejarah Indonesia pasca kemerdekaan yaitu Pembantaian Rawagede saat Agresi Militer Belanda 1 terjadi.

“Kunjungan ke tempat-tempat bersejarah adalah langkah awal untuk memahami siapa kita sebagai bangsa. Rawagede memiliki cerita yang melibatkan kita semua dalam perjalanan panjang dalam mempertahankan kemerdekaan,” jelasnya.

Koordinator MK Jatidiri Bangsa, Erwin Susanto, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan yang di laksanakan pada tanggal 11 desember 2023 tersebut diikuti oleh 885 Mahasiswa.

Mereka semua diajak untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, mendengarkan kisah-kisah pribadi, dan merasakan atmosfer historis yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa.

“Dan rencananya akan ada kunjungan ke- 2 pada tanggal 17 desember 2023 dengan jumlah 811 mahasiswa,” pungkasnya.