Partai NasDem Purwakarta Pecahkan ‘Dapil Neraka’, Raih Dua Kursi DPRD

Partai NasDem.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Purwakarta, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 yang meliputi Kecamatan Babakancikao, Bungursari, Campaka, dan Cibatu, telah berlangsung.

Berbeda dengan pemilu sebelumnya yang dikenal sebagai ‘dapil neraka’ karena hanya dikuasai oleh satu partai, kali ini dapil tersebut dikuasai oleh empat partai dengan perolehan suara terbanyak.

Keempat partai tersebut adalah Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Gerindra, dan PDIP. Keempat partai ini diprediksi akan mendapatkan masing-masing dua kursi calon anggota legislatif (caleg) di DPRD Purwakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Purwakarta, Luthfi Bamala, mengungkapkan rasa syukur atas diraihnya dua kursi oleh NasDem di Dapil 2. Pada Pemilu 2019, NasDem hanya meraih satu kursi di dapil tersebut.

“Alhamdulillah, pemilu ini partai NasDem mendapatkan dua kursi,” ujar Luthfi Bamala kepada awak media pada Minggu (18/02/2024).

Luthfi menjelaskan bahwa perolehan tersebut diketahui berdasarkan data C1 yang dimiliki oleh pihaknya, yang dihitung sejak 15 Februari hingga saat ini.

Data yang masuk mencapai 99 persen, dan Partai Nasdem dipastikan mendapatkan dua kursi di Dapil 2.

Luthfi merinci, Partai Golkar meraih perolehan suara terbanyak dan mendapatkan posisi kursi pertama dan ketujuh. Partai NasDem memperoleh posisi kursi kedua dan kedelapan.

PDIP meraih posisi kursi ketiga dan kesembilan, sedangkan Partai Gerindra meraih posisi kursi keempat dan kesepuluh.

Grafik perolehan suara partai politik di Dapil II Purwakarta.

Adapun kursi kelima sementara dipegang oleh PKS, dan kursi keenam oleh Partai Demokrat.

“Dari empat partai ini, semuanya memperoleh dua kursi,” kata Luthfi.

“Golkar meraih posisi kursi pertama dan kursi ketujuh, Nasdem mendapatkan posisi kursi kedua dan kursi ke delapan, lalu PDIP meraih posisi kursi ke tiga dan kesembilan, sedangkan untuk Gerindra meraih posisi kursi ke kursi ke sepuluh. Dan terakhirnya untuk kursi kelimanya sementara ini di pegang oleh PKS dan kursi ke enamnya di pegang oleh Partai Demokrat,” tambahnya.

Menurut Luthfi, perolehan kursi tersebut berdasarkan data yang dimiliki oleh pihaknya. Untuk kepastiannya, pihaknya akan menunggu hasil rapat pleno rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta.

“Kami dari Partai NasDem sudah mempersiapkan orang untuk mengawal proses rekapitulasi tersebut. Dan mudah-mudahan pemilu ini dapat berjalan dengan baik, jujur, adil dan transparan,” tegasnya.

Luthfi juga menyampaikan bahwa ini adalah fenomena baru di Kabupaten Purwakarta, di mana ‘dapil neraka’ kini terpecahkan.

Empat partai masing-masing mendapatkan dua kursi, yang merupakan sejarah baru di wilayah tersebut.

“Kami mengucap syukur alhamdulillah, Partai NasDem hari ini tembus, yang tadinya dia kursi menjadi tujuh kursi,” ucapnya.

Sebagai penutup, Luthfi mengumumkan bahwa dua kursi dari Partai NasDem akan diduduki oleh Dra Hj Deni Yanthi dan H Elthon Brameista Gunawan, SH, seorang pengusaha muda.

Sementara H Elthon Brameista Gunawan, SH mengucapkan terima kasih kepada masyarakat beserta tim yang sudah memberikan kepercayaan kepada dirinya. H Elthon berjanji akan memperjuangkan visi misi dan aspirasi masyarakat Kecamatan Babakancikao, Bungursari, Campaka, dan Cibatu.

“Terima kasih kepada tim dan masyarakat yang telah memberi amanah kepada saya,” ucap dia.