Kolaborasi UBP-UiTM Malaysia Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Karawang

Kolaborasi UBP-UiTM Malaysia Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Karawang

KARAWANG, headlinejabar.com

Sedikitnya 170 anak yatim dan dhuafa di wilayah Karawang, Jawa Barat mendapatkan santunan dari Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia yang berkolaborasi dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang pada Sabtu (24/2), kemarin.

Aksi sosial tersebut merupakan puncak rangkaian kegiatan ‘Cultural Exchange’ kampus UiTM Shah Alam Malaysia selama berada di Kabupaten Karawang.

“Tujuan kami menyantuni anak-anak yatim di Karawang tak lain untuk membantu mereka dalam belajar, sekaligus sebagai tanda berbagi rezeki bagi anak yatim di Karawang,” ungkap perwakilan pihak UiTM Malaysia, Siti Aishah dalam keterangannya, Minggu (25/2).

Dia menegaskan, melalui kegiatan bakti sosial ini diharapkan jadi momentum bagi para mahasiswi UiTM Malaysia untuk lebih mensyukuri nikmat. “Selain itu juga kita harap dapat membangun kepedulian orang-orang sekitar,” katanya.

Wakil Rektor Bidang kerjasama, Inovasi dan Publikasi Ilmiah UBP Karawang, Dr. H. Puji Isyanto SE.,MM menambahkan, santunan yatim dan dhuafa kali ini dilakukan dengan dasar kerjasama antara UBP dan UiTM Malaysia.

“Dan (baksos) ini juga atas dukungan dari perusahaan DIY Malaysia selaku sponsor,” katanya.

Ke depan, dia harapkan kolaborasi antara UBP dan UiTM Malaysia bisa terus ditingkatkan baik segi kualitas maupun kuantitas. Ini demi mewujudkan visi UBP Karawang yang berwawasan kebangsaan dan bereputasi internasional.

“Kita berharap kolaborasi semakin ditingkatkan, baik segi kuantitas, kualitas, joint degree, double degree, mobility, inbound outbond antar mahasiswa dan dosen, sehingga secara kualitas bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, rombongan mahasiswi Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia bertolak ke Kabupaten Karawang, Jawa Barat dalam rangka program ‘Cultural Exchange’ dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang.

Program kolaborasi UBP Karawang bersama UiTM Malaysia ini terhitung sudah tiga kali dilakukan sejak tahun 2017 hingga tahun 2024.

“Sudah sejak 21 Februari nanti sampai 25 Februari 2024. Nanti bulan berikutnya kita (mahasiswa UBP) yang ke sana (Malaysia),” kata Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM pada Sabtu (24/2).

Selama waktu itu, sejumlah kegiatan kunjungan dilakukan. Sebelumnya, rombongan mahasiswi dari negeri Jiran inu menyambangi sejumlah lokasi pelaku UMKM, dan lokasi bersejarah Candi Jiwa di Batujaya dan Tugu Proklamasi Rengasdengklok.