Proyek Monumental Islamic Center Purwakarta Rampung 2017

Foto : Purwakarta tengah merancang proyek Momentumentl Islamic Center di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat yang rencananya akan rampung Tahun 2017. Ilustrasi, Sumber, Istimewa.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Setelah sukses mewujudkan Situ Buleud menjadi kawasan wisata air mancur terbesar, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta tengah merancang proyek Monumental Islamic Center di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Rencananya, proyek monumental ini rampung di tahun 2017 mendatang. Pembangunan wisata religi inii berdiri di atas lahan seluas 9 hektare.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Purwakarta Ir H Tri Hartono MM mengatakan, Pemkab Purwakarta ingin mewujudkan Masjid Raya Islamic Center yang berlokasi di kawasan strategis Kecamatan Bungursari. Pembanunan Monumental Islamic Center Purwakarta sendiri sudah direcanangkan selama tiga periode bupati.

“Saat ini sudah dibangun tiang pancang, baru paku alamnya saja untuk pondasi. Kita akan wujudkan tahun 2017. namun seberapa besar kebutuhan anggarannya belum dihitung,” ujar Tri di kantornya, Senin (7/3/2016).

Ia menambahkan, Monumental Islamic Center Purwakarta merupakan kegiatan besar pasca pembangunan objek wisata Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud. Islamic Center Purwakarta, pembangunannya diprioritaskan harus tuntas tahun 2017.

“Islamic center akan dibangun di atas lahan seluas 9 hektare di dalamnya didirikan Masjid Raya Cibungur, ambisinya ingin kayak kubah. Sekalian nanti akan dijadikan kawasan wisata religi dan dibelakang ada kebun buahnya, juga ada kolam-kolam air mancur,” terang dia.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui besaran anggaran yang dibutuhkan untuk suksesi pembangunan wisata religi ini. “Anggarannya sih belum dihitung tapi diperkirakan bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar dan anggarannya disediakan langsung satu tahun,” ujarnya.(adv)


 

Editor : Dicky Zulkifly