RKPD Purwakarta 2024, Bupati Anne Lokalisir Rencana Kerja Jokowi dan Ridwan Kamil

RKPD Purwakarta 2024.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Arah kebijakan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024, yaitu; Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, dilokalisir dalam RKPD Kabupaten Purwakarta tahun 2024, yaitu; Meningkatkan Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing Daerah.

Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Anne Ratna Mustika itu juga sejalan dengan tema pembangunan Provinsi Jawa Barat tahun 2024 yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil, yaitu; Peningkatan Perekonomian dengan Mengoptimalkan SDM dan Infrastruktur yang Berdaya Saing.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Purwakarta tahun 2024, belum lama ini.

Bupati yang kerap disapa Ambu Anne itu juga menjelaskan, untuk rencana pembangunan daerah tahun 2024 mendatang, jajaran Pemkab Purwakarta akan fokus pada 12 program prioritas pembangunan yaitu;

1. Peningkatan kualitas SDM dan kemajuan kebudayaan,
2. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan KB,
3. Pengelolaan lingkungan hidup dan ketahanan bencana,
4. Pengembangan Koperasi dan UMKM,
5. Peningkatan nilai investasi, usaha industri dan perdagangan,
6. Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat,
7. Peningkatan produksi pangan, pertanian dan perikanan,
8. Penanganan sosial masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,
9. Peningkatan dan pemerataan infrastruktur dasar di semua wilayah,
10. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik,
11. Pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa,
12. Peningkatan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga  Mojang Purwakarta Wakili Jabar diĀ  Grand Final Putra Putri Pariwisata Nusantara

“Keduabelas prioritas pembangunan daerah ini, kita tuangkan lebih lanjut kedalam fokus pembangunan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah teknis dalam dokumen perencanaan kerja perangkat daerah (Renja PD) masing-masing,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan, melalui Musrenbang RKPD ini, seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi atas program, kegiatan, dan sub kegiatan yang diusulkan untuk disepakati menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten Purwakarta tahun 2024.

“Pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diserahkan ke daerah sebagai bagian integral dari pembangunan provinsi dan nasional,” ujar Ambu Anne.

Kata Ambu Anne, pada pelaksanaan Musrenbang di tingkat kabupaten ini, setidaknya ada dua sasaran yang akan menjadi target kegiatan. Pertama, Musrenbang sebagai forum untuk menguji kesetiaan dan konsistensi Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) terhadap kesinambungan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebelumnya dan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026 yang disusun oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Baca Juga  Purwakarta Tetapkan Sanksi Tegas bagi Siswa Bawa Kendaraan Bermotor ke Sekolah

“Kedua, musrenbang ini juga sebagai forum untuk menguji kualitas pemahaman perangkat daerah dan jajarannya terhadap kesinambungan RPJMD Kabupaten Purwakarta tahun 2018-2023 dan RPD Kabupaten Purwakarta tahun 2024-2026,” tutur Ambu Anne.

Bupati Purwakarta itu juga mengingatkan kepada seluruh jajaran perangkat daerah untuk menuntaskan semua program dan pembangunan yang telah direncanakan untuk tahun 2023 ini. Karena hal itu, merupakan tahun penutup untuk pemenuhan target sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purwakarta tahun 2018- 2023.

Selain itu, ia juga menegaskan, dalam menyusun RKPD tahun 2024, agat seluruh perangkat daerah dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dengan mengembangkan inovasi dan kolaborasi untuk mengakselerasi pembangunan daerah, penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga  Gerakan Beas Perelek di Desa Cilandak Purwakarta Sudah Berjalan Sejak Tahunan

Pasalnya, pembangunan daerah juga perlu tetap memperhatikan kebijakan pengendalian, penanggulangan dan pemulihan ekonomi pasca pendemi Covid-19, adanya ancaman perubahan iklim, inflasi global, tingginya biaya hidup (cost of living) yang mendorong kenaikan inflasi serta dampak krisis pangan, energi dan keuangan dunia.

“Kita minta seluruh jajaran Pemkab Purwakarta agar segera menyempurnakan rancangan RKPD berdasarkan Berita Acara Musrenbang RKPD tahun 2024 agar nantinya penetapan RKPD Kabupaten Purwakarta tahun 2024 dapat tepat waktu,” ujarnya.

Menutup, Ambu Anne mengatakan, dengan digelarnya Musrenbang Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta ini. Visi dan Misi RPJPD Kabupaten Purwakarta Tahun 2005-2025 yaitu; Purwakarta Cerdas, Sehat, dan Berakhlakul Karimah dapat tercapai.

Dalam Musrenbang tersebut, tampak hadir; Analisis Kebijakan Ahli Muda Seksi Wilayah II DIirektorat Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Wakil Bupati, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Kepala BPS Kabupaten Purwakarta, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Kades Se-Kabupaten Purwakarta, Organisasi Kepemudaan, BEM, dan elemen masyarakat lainnya.(ADV)