Jelang Idulfitri 1445 H, PLN UP3 Purwakarta Meresmikan 8 SPKLU Baru di Cipali dan Cipularang

Jelang Idulfitri 1445 H, PLN UP3 Purwakarta Meresmikan 8 SPKLU Baru di Cipali dan Cipularang

PURWAKARTA, headlinejabar.com

PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwakarta telah meresmikan 8 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Cipularang dan Tol Cipali dan memastikan sudah bisa digunakan menjelang Idulfitri 1445 H.

Di antaranya seperti SPKLU baru yang ada di Rest Area Km 72A Tol Cipularang. PLN telah menyiapkan lima Electric Vehicle (EV) Charger daya 50 KW (dua nosel), 25 KW, 25 KW dan 22 KW. Sehingga bisa melayani lima kendaraan listrik sekaligus dalam satu waktu.

Manager PLN UP3 Purwakarta Joy Mart S Sihaloho mengatakan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat melakukan penyalaan serentak 50 SPKLU baru di 23 titik rest area di jalur mudik tahun 2024, Rabu (3/4).

“Untuk Purwakarta mendapatkan SPKLU terbanyak yang tersebar di enam rest area,” kata Joy kepada wartawan usai mengikuti prosesi penyalaan SPKLU serentak secara virtual di Rest Area Km 72A Tol Cipularang.

Dijelaskan Joy, beroperasinya SPKLU ini dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan listrik yang hendak mudik lebaran tahun ini. “Kami mendapat penugasan dengan waktu tak sampai dua pekan untuk membangun SPKLU ini,” ujar Joy.

Baca Juga  Pelayanan Publik Jadi Prioritas Pembangunan Purwakarta

Tugas ini, sambungnya, cukup menantang, tapi berkat kerja sama yang solid dari UP3 Purwakarta dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) serta dibantu para mitra kerja maka target tersebut bisa tercapai.

“Yang tidak kalah penting adalah support dan dukungan dari pengelola rest area. Karena, tidak semua selalu berjalan mulus, ada kalanya kami harus meyakinkan pengelola rest area. Kami sosialisasi dulu, berikan pemahaman, sehingga mendapat izin dari pengelola untuk membangun SPKLU,” ucapnya.

Joy mengungkapkan, seluruh SPKLU yang dibangun murni investasi dari PLN. “Kami melihat pengguna kendaraan listrik di Indonesia semakin tinggi. Di sisi lain, masih ada kekhawatiran jika mudik menggunakan kendaraan listrik. Nah, di sini bukan hanya ketersediaan SPKLU-nya, tapi apakah mencukupi?” kata Joy.

Dirinya menyebutkan, sekali pengisian bisa antre 2, 3 dampai 4 jam dan hal ini tidak nyaman bagi pengguna mobil listrik. Karenanya, penambahan SPKLU sebenarnya untuk lebih memperkuat layanan PLN. Sehingga, hampir semua rest area yang dilalui jalur mudik sudah punya SPKLU.

Baca Juga  Hasil Sidak Kang Dedi, Kendaraan Tak Layak Jalan Harus Dikandangkan

“Kami mengapresiasi pengelola Rest Area Km 72A Tol Cipularang, pimpinannya, Pak Jimmy Leo Tjandra yang mendukung penuh pembangunan SPKLU ini. Bahkan, beliau memiliki gagasan luar biasa, yaitu ingin membangun 100 SPKLU, baik itu bekerja sama dengan PLN maupun dengan pihak swasta,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjutnya, usai Lebaran nanti masih akan ada penambahan SPKLU, termasuk di wilayah Kota Purwakarta yang saat ini baru memiliki SPKLU di Halaman Kantor PLN UP3 Purwakarta. “Masih kan terus kami kembangkan ke depan,” ucap Joy.

Senada, Direktur Rest Area Km 72A Tol Cipularang Jimmy Leo Tjandra menyebutkan, pihaknya terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada para pengunjung Rest Area Km 72A Tol Cipularang.

“Terbaru, kami bekerja sama dengan PLN UP3 Purwakarta membangun lima SPKLU dan saat ini sudah bisa melayani para pengguna mobil listrik. Jadi, untuk para pemudik jalur Tol Cipularang yang menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir lagi,” kata Jimmy.

Baca Juga  Kang Dedi : Hindarkan Anak PAUD Dari Mainan Mekanis

Sementara itu, General Manager PT PLN UID Jabar Susiana Mutia memastikan kesiapan PLN UID Jawa Barat turut menjaga kelancaran dan keandalan pasokan listrik selama kegiatan Idulfitri 1445 H.

“Hari ini dengan bangga PLN UID Jawa Barat hadir dan berperan serta dalam mudik pelanggan 2024, khususnya untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. PLN UID Jawa Barat secara serempak menghadirkan 50 SPKLU baru pada 23 titik rest area di jalur mudik 2024,” ujar Susiana.

Ke-50 SPKLU ini, sambungnya, terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN dan juga New PLN Mobile. “Untuk mendukung Mudik Lebaran 2024, PLN UID Jawa Barat telah mengoperasikan 200 unit EV Charger di 141 lokasi SPKLU yang tersebar di 27 Kabupaten/Kota,” ucapnya.