M Naufal Mahardika Raih Emas SEASA 2015

Foto : Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat menyaksikan aksi Muhammad Naufal Mahardhika saat menembak

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com Pelajar SMPN 1 Purwakarta, Muhammad Naufal Mahardhika bawa pulang medali emas kejuaraan menembak Southeast Asia Shooting Association (SEASA) Championship 2015. Atlet muda yang akrab dipanggil Oval mendapatkan medali emas kelas beregu di nomor 10 m air rifle yang berlangsung di Lapangan tembak Senayan Jakarta dari 17-26 November 2015.

Oval yang lahir di Bandung, 17 Agustus 2001 saat ini duduk di kelas IX SMP 1 Purwakarta, baru satu tahun konsentrasi mengikuti pelatihan berhasil juara tingkat Asia Tenggara.

“Ini menjadi kebanggan tentunya bukan saja bagi kami selaku orang tua, bahkan Pengcab Perbakin Purwakarta serta Pengda Jabar pembinaannya berhasil dan harus terus ditingkatkan,” ungkap Dra Fardiah Syamsiah ibunda Oval.

Oval anak yang disebutkan pendiam, saat ini baru beranjak usia 14 tahun. Banyak yang mengharapkan kedepan prestasi terus berkembang dan membawa nama baik Kabupaten Purwakarta serta Pengcab Perbakin Purwakarta.

“Langkah selanjutnya Oval akan terus berlatih untuk terus meningkatkan prestasi. Pelatih sendiri khususnya saat mengikuti kejuaraan SEASA, oval dilatih pelatih timnas Mrs. LANA dari Ukraina dan Coach Iwan dr Indonesia. Ini menjadi kebanggaan kami dengan usia masih belia serta prestasi cukup gemilang bisa membawa nama baik Purwakarta dan Indonesia pada umunya,” jelasnya.

Oval bersama Pragra Duncan Taruma dari Kalimantan Selatan, dan Davin Rosyid Wibowo dari Jawa Timur berhasil mendapatkan emas kelas beregu saat naik podium dengan dikumandangkan lagu Indonesia Raya.

“Kami berharap dengan keberhasilan ini dalam waktu dekat mudah-mudahan Oval bisa mengikuti Kejurnas Jabar Open 2015 dan PON Tahun 2016 di Bandung,” harapnya.

Kejuaraan SEASA ini merupakan event Asia Tenggara ke-39 yang dibuka di kantor PB Perbakin dan digelar di dua tempat, yakni di Cilodong (Jawa Barat) dan Lapangan Tembak Senayan (Jakarta) yang diikuti 8 negara yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong, dan Filipina. Dengan total 269 Atlet.

Sementara, Indra Wargadalem, Sekjen PB Perbakin mengatakan, kejuaraan menembak SEASA merupakan bagian dari persiapan Indonesia dalam menghadapi Sea Games 2017 yang digelar di Malaysia dan Asian Games 2018 di Indonesia.

“Hasil kejuaraan SEASA menjadi acuan untuk proyeksi pemusatan latihan mengahadapi dua event besar, Sea Games 2017 dan Asian Games 2018. Kami akan menentukan strategi kebijakan dalam penguatan nomor-nomor pertandingan agar lebih siap dan kompetitif di dua event besar tersebut, “jelas Indra seperti dirilis Perbakin.or.id.

Prestasi kejuaraan yang pernah diikuti, Muhammad Naufal Mahardika (Oval) diantaranya; Awang Farouk Kaltim thn 2014, Porda Jabar 2014, Kejurnas Kapoltabes Semarang 2015, Kejurnas Antar Club  Pangdam Jaya 2015,  Kejurnas Awang Farouk Kaltim 2015, Kejurnas Jakarta Anniversary Cup  thn 2015  dan SEASA thn 2015.(ays)