SMAN 2 Gondol Kategori Juara Global Muda Winner Basketball 2015

Ketua Perbasi Purwakarta Gegen Diosya Berikan Piala Tropi Kemenangan untuk Tim Basket SMAN 2 Purwakarta 

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Tim Basket Putra dan Putri SMAN 2 Purwakarta memborong juara Turnamen Global Muda Winner Basketbal Kabupaten Purwakarta 2015. Tim Basket Putra SMAN 2 Purwakarta A dan B masing-masing menjuarai turnamen dengan tropi juara umum 1 dan 2. Sama halnya dengan kategoti putri, Tim Basket Putri SMAN 2 Purwakarta B sama meraih tropi juara umum 2.

Dalam grand final Global Muda Winner Basketball 2015 yang digelar di Gor Outdor Basket Purnawarman, Minggu (04/10/2015) lalu, tim putri SMAN 9 Bandung lolos sebagai juara umum 1 dan juara 3 diari SMAN 1 Cikampek. Untuk putra, menyisakan satu tropi juara 3 yang dibawa pulang oleh SMA IT Asyifa Subang.

Pelatih Tim Basket Putra dan Putri SMAN 2 Purwakarta Rama Aditya Gumilang memberikan resep kemenangan dan kesuksesan dalam even tersebut. Salah satunya, sumber daya atlit basket di SMAN 2 Purwakarta dikata mumpuni karena dukungan dari pihak sekolah.

“Basket sudah 17 tahun menjadi ekskul di SMAN 2 Purwakarta.¬†

Sekarang sudah ada 66 siswa yang masuk ekskul ini. Dan mereka satu kelas, sehingga tetap kompak,” jelas Rama.

Kelas bakat olah raga yang dibina sekolah ini, kata Rama, belum disambut baik dengan dukungan lingkungan. Salah satu contoh, menyoal sarana prasarana yang ada di Purwakarta belum membaik.

“Harapan saya sarananya lebih bagus. Karena kita sudah percaya diri bisa lolos di wilayah II meliputi Purwasuka. Harapannya agar peminatan ini tersalurkan, dukungan dari pemerintah lebih baik,” papar Rama.

Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Gegen Diosya SR SH menjelaskan, untuk permasalahan sarana dan prasarana sedang diusulkan. Bahkan diakhir masa jabatan Gegen, Perbasi Purwakarta mendorong agar fasilitas Gor Outdor Basket Purnawarman menjadi indor dan lebih memadai.

“Memang kelemahannya di sarana dan prasarana pendukung, yaitu menyangkut lapang, yang belum memenuhi syarat, untuk itu kami akan akan minta pada Pemda, gor outdor Perbasi menjadi indor dan lebih memadai. Ingin melakukan perbaikan sarana prasarana mudah-mudahan oleh ketua yang baru bisa ditindak lanjuti. Karena beberapa prestasi basket Purwakarta cukup gemilang sejauh ini,” ulas Gegen.

Semisal dalam even pekan olah raga pelajar, di tahun 2011 Purwakarta meraih juara 3, di 2013 Pekan Olah Raga Wilayah (Popwil) Basket yang digelar di Karawang Purwakarta meraih juara 3 untuk putra, dan putri peringkat 1.

“Sama juga dalam Popwil 2015 di Subang putra mendapat juara 3 dan putri 1. Dan dulu dalam even Kita juga turut serta dalam even Perbasi Jabar tahun 2013 di Bandung, Babak kualifikasi Porda Jabar di Bekasi dan Penyelenggara Even Perbasi Cup dan Bupati Cup di dua tahun 2011 dan 2012,” ungkap Gegen.

Seperti diketahui, even turnamen Global Muda Winner Basketbal Kabupaten Purwakarta 2015 digelar oleh club basket Purwakarta. Mengundang 42 tim tingkat SLTA se-Jawa Barat. Even ini dimaksudkan untuk menjadir bibit pemain basket berbakat sejak dini.(dzi)