Reformasi Akademik, UPI Kampus Purwakarta Rubah Kepemimpinan

Serah Terima Jabatan Direktur UPI, Dir Lama (Kiri) Dr H Mamat Ruhimat MPd Dir Baru Drs Turmudi MEd MSc Phd.

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Civitas Akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta mengalami perubahan kepemimpinan. Pada Rabu (12/8/2015), UPI Kampus Purwakarta menggelar serah terima jabatan (Sertijab) direktur, dari Dr H Mamat Ruhimat MPd selaku direktur lama kepada Drs Turmudi Med MSc Phd selaku direktur baru.

Penggantian kepemimpinan tertinggi di UPI Purwakarta, akan banyak perubahan yang dilakukan khususnya di bidang keunggulan perguruan tinggi yang fokuk kajian di wilayah pendidikan. Melalui Sertijab direktur, akan dijadikan semangat baru dalam meraih sebuah visi yang direncanakan.

“Saya pribadi menginginkan, ada gebrakan baru di wilayah peningkatan kualitas tenaga pengajar. Agar UPI Kampus Purwakarta bisa selangkah lebih depan dan semakin maju,” jelas Direktur baru UPI Kampus Purwakarta, Drs Turmudi.

Baca Juga  Di Depok, Tiga Sekolah Laksanakan UN CBT

Pihaknya menginginkan, bagaimana tenaga pengajar bisa melakukan penelitian, research dan membuat sebuah jurnal publikasi hasil kajian akademik. Karena menurutnya, sejauh ini UPI Purwakarta masih lemah di wilayah tataran kajian dan penelitian.

“Artinya, seorang tenaga pengajar di UPI benar-benar kompeten dan melakukan inovasi berdasarkan hasil research. Maksudnya, seorang tenaga pengajar dalam hal ini dosen bisa merumuskan sebuah konsep penelitian yang baik dan layak dipublikasikan. Ini implikasinya baik bagi kehidupan sosial masyarakat,” tambah dia.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Kukuhkan Paskibraka

Selain itu, Direktur Turmudi, menginginkan UPI Kampus Purwakarta melakukan gerakan kooperatif dengan pemerintah daerah. Sehingga, kehadiran UPI di Purwakarta benar-benar sinergis dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

“Kalau mahasiswa di sini kebanyakan berasal dari luar daerah, hanya 15 persen saja yang berdomilisi di Purwakarta. Ini menandakan UPI Purwakarta sudah menunjukkan kualitas, tinggal bagaimana penguatan di wilayah administrasi semisal akreditasi dan sertifikat ISO,” tuturnya.

Sementara, Wakil Direktur UPI Kampus Purwakarta Dr Agus Muharam MPd menjelaskan, dengan kepemimpinan yang baru, perguruan tinggi ini bisa lebih menunjukkan taring di Jawa Barat dan Indonesia. Langkah-langkah yang mesti dilakukan, tak lain mensukseskan visi dan misi.

Baca Juga  Disdik Purwakarta Maksimalkan Pelayanan Bus Sekolah

“Instruksi dari pimpinan akan kami laksanakan. Dan dalam waktu dekat, civitas akademik akan melakukan koordinasi untuk melaksanakan program jangka pendek dan panjang kedepan,” papar Agus.

Sementara, Mahasiswa PGSD UPI Purwakarta Adjie Dwi Pangestu lebih mengharapkan ada perbaikan kualitas pendidikan di kampus. Selain itu, sosok direktur di UPI Purwakarta, dianggap sebagai pemimpin yang bisa mengarahkan roda akademik perguruan tinggi.

“Dan harus lebih dekat dengan mahasiswa, tidak ada sekat, karena kami mitra di sini. Kalau yang diharapkan mahasiswa tidak banyak, kami menginginkan gebrakan baru di wilayah kajian, penelitian dan praktik di lapangan,” pungkas Adjie.(dzi)