Kobarkan Api Semangat, Bangkit Wujudkan Indonesia Emas 2024

Kobarkan Api Semangat, Bangkit Wujudkan Indonesia Emas 2024

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Di masa seperti ini, di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, terus maju bergerak dengan mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Demikian dikatakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2023, di Taman Pasanggarahan Padjadjaran Purwakarta, Senin 22 Mei 2023. Pada agend tersebut, Bupati Anne bertindak selaku Inspektur Upacara.

Menurutnya, tanggal 20 Mei sebagai tonggak peringatan Harkitna, menjadi tanggal yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang mana pada tanggal tersebut dilakuka deklarasi atas lahir dan bangkit sebuah rasa nasionalisme.

“Dengan diperingatinya Hari Kebangkitan Nasional ini kiranya menjadi momentum yang bisa membawa kita sebagai bangsa yang besar untuk bangkit kembali dari segala keterpurukan,” kata Ambu Anne.

Adapun tujuan dari peringatan ini adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong. juga sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

Baca Juga  Kang Dedi Resmikan Maung Gagah Cisewu Garut

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit!” ujarnya.

Pada upacara peringatan dengan tema “Semangat untuk Bangkit” itu, Bupati Purwakarta juga membacakan Pidato Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam isi pidato itu disebutkan bahwa sejak 115 tahun lalu, berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan bangsa Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca Juga  Hotel Gantung Gunung Parang Purwakarta Tertinggi di Dunia

Di masa ini, kemerdekaan telah di raih oleh Bangsa Indonesia, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pada tanggal 5 mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa yang berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Baca Juga  Pansus LKPJ Bupati TA 2021 DPRD Purwakarta Sampaikan Rekomendasi Strategis

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen (year-on-year) jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70 persen, bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi Covid-19 di tahun 2019.

Diharapkan capaian-capaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Bangsa Indonesia. Selain itu juga, diharapkan menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

Dalam agenda tersebut, tampak hadir Wakil Bupati Purwakarta beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta beserta Para Staf Ahli, Asda, Kabag di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta, Kepala Samsat, Kepala Cabang BJB Purwakarta beserta para pimpinan BUMN dan BUMD, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah beserta Eselon III di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Camat se-Kabupaten Purwakarta, dan tamu undangan lainnya.(ADV)