Bupati Purwakarta Siap Bermitra Secara Profesional dengan Gapensi

Muscab ke-XII BPC Gapensi Kabupaten Purwakarta, di Hotel Grand Situ Buleud, Purwakarta, Kamis 27 Oktober 2022.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta siap bermitra dengan jajaran Gapensi Purwakarta secara terang benderang dan menjamin tidak akan terjadi monopoli pekerjaan pembangunan di bidang konstruksi oleh hanya salah satu pihak. Tegak lurus, normatif dan profesional.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda pembukaan Musyawarah Cabang ke-XII Badan Pengurus Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Muscab XII BPC Gapensi) Kabupaten Purwakarta, di Hotel Grand Situ Buleud, Purwakarta, Kamis 27 Oktober 2022.

“Kita siap bermitra dengan Gapensi Purwakarta. Mitra yang terang benderang, saya jamin tidak ada lagi monopoli pekerjaan konstruksi oleh hanya salah satu pihak, kita tegak lurus, normatif, dan profesional. Kita berharap Gapensi bisa menjadi mitra terdepan pemerintah daerah dalam pembangunan di bidang konstruksi,” kata Anne.

Bupati juga mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Gapensi Jawa Barat untuk membalikan Gapensi Purwakarta menjadi organisasi yang profesional dan kompeten.

“Organisasi ini juga harus menjadi pengawasan terhadap anggotanya, karena dari 32 anggota tentu saja ada beberapa yang menjadi mitra kami, jadi dengan adanya wadah organisasi ini, bisa dilakukan pengawasan kaitan dengan profesionalisme kegiatannya pekerjaannya. Kita berharap Gapensi bisa terus menjadi mitra pemerintah daerah dalam upaya membangun Kabupaten Purwakarta,” kata Anne.

Sementara, dalam sambutannya, Ketua Badan Pengurus Sementara (BPS) Gapensi Kabupaten Purwakarta, Sabar Sitohang berharap BPC Gapensi Purwakarta dapat menjadi mitra kerja pemerintah yang profesional, kredibel dan berdaya saing.

Pidato tersebut disambung oleh oleh Ketua BPD Gapensi Provinsi Jawa Barat, TB. Nasrul Ibnu HR yang menegaskan bahwa Gapensi harus beradaptasi dengan situasi kondisi terupdate.

“Jika kita tidak mengikuti perubahan maka kita akan terlindas oleh perubahan itu,” kata Tubagus Nasrul.

Aklamasi, Irwan Didaulat Jadi Ketua Gapensi Purwakarta

Dikabarkan, forum pada Muscab ke-XII BPC Gapensi Kabupaten Purwakarta tersebut secara aklamasi memilih Irwan P Abdurahman  sebagai Ketua BPC Gapensi Kabupaten Purwakarta untuk periode 2022-2027 mendatang.

Mucab dengan tema; Meningkatkan Profesional dan Kompetensi Guna Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur yang Berkualitas itu diikuti oleh 32 anggota Gapensi yang sudah tercatat sebelumnya.

“Kami akan pastikan bahwa jajaran pengurus Gapensi Purwakarta ini semuanya kredibel dan dapat menjalankan roda organisasi sebagaimana mestinya. Dan yang lebih penting lagi, dapat membawa organisasi menjadi lebih bermanfaat bagi anggota, dan secara umum bermanfaat untuk masyarakat Purwakarta,” kata Irwan.

Dalam agenda tersebut, tampak hadir juga jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta, sesepuh dan tokoh masyarakat Purwakarta, para pengusaha, jajaran BPD Gapensi Jabar dan sejumlah pengurus Gapensi dari kabupaten lain.

Dikutip dari berbagai sumber, organisasi Gapensi pertama didirikan pada tanggal 8 Januari 1959 di Tretes, Malang, Jawa Timur, sebagai hasil Keputusan Kongres I Gabungan Pemborong Bangunan Seluruh Indonesia.

Saat itu, Gapensi merupakan singkatan nama dari; Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia didirikan atas prakarsa 3 organisasi pemborong Bangunan Daerah yang ada saat itu, yaitu; Ikatan Pemborong Indonesia (IPEMBI), Ikatan Ahli Bangunan Nasional (IABN) dan Gabungan Pemborong Indonesia (GPI).