Hati-Hati… Kini Malware Ada di Game Android

Foto : Ilustrasi virus, Sumber, istimewa

Anda suka mengunduh berbagai game di toko digital pada sistem operasi Android, Play Store? Jika benar, Anda kini harus lebih berhati-hati dalam memasang game pada perangkat smartphone Anda. Pasalnya kini beredar sebuah malware pada game Android, yang mana game tersebut berada di Play Store.

Seperti yang dikutip dari WCCFtech, Selasa (2/2/2016), dikatakan bahwa terdapat 60 game yang di dalamnya terdapat sebuah malware berbahaya. Hal ini pertama kali disampaikan oleh salah satu vendor anti virus asal Rusia, Doctor Web, yang mana malware ini diberi nama Android.Xiny.19.origin. Sifat dari malware ini mirip sekali dengan trojan, beraksi secara diam-diam, dan mengeksekusi kode berbahaya setelah game tersebut di pasang.

Baca Juga  HPN 2019, Ketua Kadin Purwakarta: Media Punya Peran Promosikan UMKM

Game tersebut berasal dari 30 pengembang yang berbeda, yang mana bila dijalankan game tersebut berjalan dengan normal. Pihak Doctor Web mengatakan bahwa malware ini juga mencuri data para pengguna yang sudah memasang game dengan malware di dalamnya. Seperti data IMEI perangkat dan alamat MAC, sistem operasi yang digunakan, operator seluler yang digunakan, informasi dari kartu memori, serta folder dimana aplikasi tersebut telah dipasang.(net/red)

Baca Juga  Wabup dan Polres Purwakarta Sidak Pasar Leuwi Panjang