Penuhi Kebutuhan Masyarakat, BI Siapkan Rp 120 Triliun Uang Logam dan Kertas

DEPOK, headlinejabar.com
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan bahwa dalam menghadapi puasa dan lebaran pihaknya akan menambah pecahan uang kertas dan uang logam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.
“Dari tahun-tahun sebelumnya mulai awal ramadhan sampai lebaran kita siapkan uang lebih dari Rp 100 triliun sedangkan untuk tahun 2015 kita siapkan Rp 118 sampai 120 triliun untuk penambahan tetapi realisasinya lebih besar menjadi Rp 124 triliun,” jelasnya saat meluncurkan Bindesia di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (16/05/2016).
Baca Juga  : BI Luncurkan Program Bindesia
Menurutnya penambahan tersebut sampai hari H+7 di hari lebaran. Hal tersebut di karenakan libur bersama.
“Seperti biasanya kita sediakan pecahan uang kecil, karena selain di Bank masyarakat bisa menukarkan uang seperti tahun lalu di sialang monas,” paparnya.
Lebih lanjut, Mirza mengatakan bahwa penukaran uang dapat di lakukan di kota besar lainnya, jadi tidak hanya di Jakarta saja.
“Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di Bandung, Semarang, Medan, Makassar kita juga akan bekerja sama dengan perbankan lainnya,” katanya.
Dirinya juga berharap agar masyarakat berhati-hati dalam melakukan penukaran uang lebih lagi dalam jumlah besar disarankan menggunakan non tunai.
“Kita sudah siapkan uang-uang kecil mulai dari Rp 20 ribu kebawah dan jumlahnya cukup dari Rp 120 triliun itu cukup kemudian masyarakat kalau menerima uang bayaran luangkan waktu 3 D itu yang paling gampang dilihat,diraba,diterawang hal tersebut untuk melihat keaslian uangnya,” tandasnya.(*)

Reporter : Yopi Setyabudi
Editor     : Aga Gustiana