lomba esai pemuda Perkumpulan GMWA dan Disporaparbud Purwakarta

Adab Sunda Etika Peradaban Kenormalan Baru

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Adab secara etimologi diartikan sebagai siku-siku atau penyiku. Adab dapat diartikan pula sebagai pedoman, aturan, ukuran, atau adat istiadat.

Tatanan kehidupan manusia sangat jelas memerlukan adab sebagai pedoman berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Adab sunda mengajarkan harmonisasi hidup dalam ketuhanan dan kemanusian.

Di tengah pandemi Covid-19 dan era disrupsi saat ini, nampaknya adab sunda yang mengajarkan berbagai nilai-nilai etika kehidupan bermasyarakat mesti diperkuat seiring pula dengan tatanan kenormalan atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Demikian narasi Muhammad Ridhwan Suriawijaya juara satu lomba esai pemuda yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Generasi Muda Welas Asih (GMWA) bekerjasama dengan Bidang Kepemudaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta.

“Kenormalan baru ini menjadi kesempatan baik untuk kembali menumbuhkan adab kesundaan guna menanggulangi penyebaran covid19 dan melawan berbagai bentuk disrupsi kebudayaan yang sedang merajalela,” ungkap mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Lomba esai kali ini mengambil tema umum yaitu “tantangan generasi muda dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam memerangi covid19 dan menghadapi kompetisi global di era digital, antara narasi dan aksi”.

Juara kedua diraih oleh Wirantika dari STT Wastukancana yang mengambil judul menjadikan remaja dan Pancasila sebagai kekuatan negara. Dan, juara ketiga diraih Rofy Candra Rusdiana dengan judul esai tantangan-tantangan pemberdayaan pemuda Indonesia sebagai bahan evaluasi.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dilaksanakan disela-sela kegiatan pembinaan idiologi Pancasila pada hari selasa, 21 Juli 2020 bertempat di Aula Sport Center Jaya Perkasa Purnawarman.

Suherman Saleh sebagai keynote speecher dalam acara tersebut, didampingi Ujang Abidin Ketua Bawaslu Purwakarta, Kabid Kepemudaan dan para Kepala Seksi berkenan menyerahkan piagam, cinderamata dan uang pembinaan bagi para juara disaksikan para peserta kegiatan.

Ketua panitia Dewi Widyaningsih mengatakan apresiasinya kepada seluruh peserta yang telah mengikuti lomba dan kepada para donatur yang membantu suksesnya kegiatan.

“Atas nama panitia, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba esai kali ini,” ujar Dewi.(dik)