Bakti TNI KB Kes Terpadu Wujudkan Kesejahteraan

Bakti TNI KB Kes Terpadu

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Terwujudnya kesehatan masyarakat serta tercapainya program Bakti TNI KB Kes Terpadu sangat bergantung pada partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat yang bersinergi dengan Kodim 0619/Purwakarta dan Dinas Kesehatan, juga didukung peran aktif Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

“Kegiatan ini bertujuan memelihara kesinambungan kinerja guna meningkatkan hasil yang telah dicapai dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional,” ujar Dandim 0619/Purwakarta Letkol Czi Cahyadi Amperawan S.IP di sela-sela Pencangan Bakti TNI KB Kes Terpadu di Makodim Purwakarta, Senin (31/8/2015)

Dandim menjelaskan, sebagai bagian dari komponen bangsa, Kodim 0619/Purwakarta turut berpartisipasi dan bekerjasama dengan Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Purwakarta, khususnya Bidang KB serta Dinas Kesehatan dalam rangka melaksanakan revitalisasi program Keluarga Berencana di daerah.

Di satu sisi, lanjut Dandim, jumlah penduduk yang besar apabila diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai akan menjadi modal pembangunan. Akan tetapi, jika tidak, maka akan menjadi beban masyaraklat dalam pembangunan.

Karenanya, sambung dia, melalui komitmen yang kuat antara segenap komponen pemerintah maupun Kodim 05619/Purwakarta diharapkan permasalahan dapat terreduksi seoptimal mungkin atau bahkan dapat dieleminir.

“Sehingga amanat UUD 1945 yang menjamin kesejahteraan sosial bagi warga negara di bidang kesehatan, dapat benar-benar terwujud. Sedangkan bagi Kodim 0619/Purwakarta sendiri, terlaksananya berbagai program dalam rangka memperkokohkan kemanunggalan TNI dengan rakyatnya baik melalui TMMD maupun Bakti TNI KB Kes,” ujarnya.

Hal itu, terangnya, bukan karena ingin menunjukkan bahwa Kodim 0619/Purwakarta banyak memilikiidle capasity semata, namun itu benar-benar sebagai wujud komitmen dan panggilan moral Kodim 0619/Purwakarta dalam upaya turut meringankan beban sosial masyarakat. Sebab rakyat sejati, merupakan kekuatan inti TNI.

“Diharapkan melalui Bakti TNI KB Kes Terpadu ini kesadaran dan kepedulian masyarakat berkeluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera akan semakin meningkat. Karena jika itu dapat terwujud, maka Insha Allah pada tataran yang lebih luas lagi akan terwujud ketahanan wilayah dan nasional,” katanya.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Bakti TNI KB Kes Terpadu tahun 2015 ini, yakni Melalui Kerjasama Kemitraan BKKBN Dengan TNI, Kita Tingkatkan Penguatan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Berencana Jangka Menengah (PKBJM) Tahun 2015 – 2019.(drs)