Bina Marga Purwakarta Tanggapi Masalah Jalan Ipik Gandamanah

Foto : Kadis Binamarga Purwakarta, Budi.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Dinas Bina Marga dan Pengairan menanggapi keluhan dari pengendara roda dua dan roda empat serta pejalan kaki, akibat sering terjadinya banjir dan meluapnya lumpur di Jl Ipik Gandamanah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Luapan air dan lumpur tersebut karena ulah masyarakatnya sendiri. Selain itu, karena kurangnya serapan air di daerah sekitar tersebut.

“Kalau drainase kami sudah berbicara sama pak camatnya, lalu kami menyarankan agar disosialisasikan terhadap masyarakat dengan membuang sampah pada tempat nya atau di kumpulkan,” ungkap Kadis Binamarga Purwakarta, Budi, di Purwakarta, Selasa (27/9/2016).

Lanjutnya, gorong-gorong yang sering tersendat dan mengakibatkan banjir seharusnya bisa dibersihkan oleh warga tanpa ada perintah dari manapun.

“Dengan adanya solokan atau gorong-gorong yang tersendat oleh sampah dan lumpur yang menyebabkan banjir di daerahnya masing-masing harus di bersihkan dan di kumpulkan, nanti┬ádi angkut sama DKP atau Binamarga,” lanjutnya.

Bukan daerah itu saja tetapi banyak, cotoh kecilnya ada beberapa gorong gorong di kota saluran air dan sudah ada bangunannya. “Padahal bangunan tersebut itu saluran air maka kami kesulitan untuk membersihkannya, dan seharusnya kesadaran masayarakat sendiri harus membersihkannya,” pungkas Budi.(*)

Reporter : Rosad Nurdin
Editor : Dicky Zulkifly