Gubernur Jawa Barat Resmikan Griya Pekerja BPJS Ketenagakerjaan di Purwakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Griya Pekerja BPJS Ketenagakerjaan.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Griya Pekerja
BPJS Ketenagakerjaan di Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Selasa 18 Juli 2023.

Sebelum peresmian, antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan menandatangani nota kesepakatan
tentang sinergi penyelenggaraan hunian layak bagi pekerja /buruh di Jawa Barat.

Seperti diketahui, Griya Pekerja
BPJS Ketenagakerjaan dibangun dari buah kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

“Kerja sama ini merupakan pengimplementasian dari visi Pemprov Jawa Barat 2018-2023 yakni terwujudnya Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi. Dengan semangat kolaborasi ini segala macam kendala mengenai pembagunan Jawa Barat terkait kewenangan dan ketersediaan anggaran untuk pembangunan dapat dicarikan solusinya,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga  Disdik Purwakarta Sosialisasikan PPDB ke Komisi IV DPRD

Dengan adanya kerja sama atau kolaborasi antara Pemprov Jawa Barat dengan BPJS Ketenagakerjaan melahirkan banyak keuntungan. Di antaranya, kerja sama ini selaras dan mendukung salah satu program strategis Pemprov Jawa Barat yaitu program Buruh Juara yang diantaranya adalah penyediaan hunian yang layak, dekat tempat kerja, dan terjangkau bagi perkerja atau buruh di Jawa Barat.

“Dengan dibangunnya yang layak, dekat tempat kerja, dan terjangkau bagi perkerja /buruh di Jawa Barat otomatis akan menekan pengeluaran pekerja /buruh Jawa Barat yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kesejahteraan pekerja /buruh itu sendiri,” ucap Ridwan Kamil.

Karena konsep peningkatan kesejahteraan tidak hanya dari peningkatan pendapatannya saja, tapi bagaimana kita bisa menekan atau mengurangi pengeluaran.

Baca Juga  Soal Kepindahan Iis, Sekda Bungkam, Kepala BKD Purwakarta : Roda Organisasi Tetap Berjalan

Dari sisi pemanfaatan lahan atau asset Pemprov Jawa Barat, kerja sama ini tentunya dalam rangka optimalisasi lahan untuk lebih produktif untuk kemaslahat masyarakat.

“Tentunya lagi dengan dimanfaatkan lahan milik Pemprov Jawa Barat tentunya ada pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) yang ujung-ujungnya hal tersebut akan digunakan kembali untuk pembangunan Jawa Barat,” kata dia.

Sementara, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan amanah negara dan juga komitmen bersama antara Pemerintah Jawa Barat dengan
BPJS Ketenagakerjaan untuk saling bersinergi dalam mendukung
kesejahteraan pekerja Indonesia dan keluarganya, melalui penyediaan fasilitas hunian layak bagi pekerja khususnya di Provinsi Jawa Barat.

“Sejalan dengan program Sejuta Rumah dari pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan telah menfasilitasi 120 pekerja di wilayah Jawa Barat terhadap akses
kepemilikan rumah dengan rate khusus melalui program MLT dengan total Rp7 miliar selama tahun 2023,” kata Anggoro.

Baca Juga  Stok Hewan Kurban di Purwakarta Aman dan Sehat

Disisi lain, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program sarana
kesejahteraan pekerja (SKP) dengan fokus pembangunan rumah susun
sederhana bagi pekerja (Griya Pekerja).

Anggoro mengucapkan terima kasih Gubernur Jawa Barat atas dukungan dan sinergitas pemanfaatan lahan Pemprov Jawa Barat dalam program Griya Pekerja. Harapannya, komitmen bersama dan sinergi yang baik antara BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah daerah di wilayah Jawa Barat ini dapat terus terjaga, sehingga terwujud kesejahteraan bagi seluruh pekerja dan keluarganya.

“Yang berimbas pada penanggulangan kemiskinan sesuai dengan program strategis dari Pemprov Jawa Barat,” ucap Anggoro.