Kang Dedi Mulyadi Bagikan Snack Gratis

Foto : Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi saat mmembagikan snack kepada sopir truk yang tewrjebak macet 

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemkab Purwakarta bagikan sebanyak 5000 bungkus snack kepada sopir truk yang terjebak macet di wilayah Purwakarta (29/12) di depan pintu tol Cigane, hingga Perempatan Sasakbeusi. Pengendara yang terjebak macet di purwakarta itu dampak dari perbaikan jembatan tol Cisomang.

Purwakarta merupakan jalur arteri yang mendapat limpahan kendaraan akibat adanya perbaikan Jembatan Tol di daerah Cisomang, tepatnya di KM 100-800. Peningkatan volume kendaraan ini mengakibatkan kemacetan luar biasa bahkan hingga ruas jalan di kawasan pusat kota.

Kondisi kemacetan di pusat kota ini rata-rata berlangsung selama 3 hingga 4 Jam, sementara beberapa diantara kendaraan yang terjebak di jalur arteri harus rela masuk dalam atrean macet selama 5 sampai 10 Jam sejak malam tadi.

Tedi (45) salah satu pengendara yang terjebak macet mengungkapkan, waktu yang dia butuhkan untuk sampai ke tujuan menjadi lebih lama, dari gerbang Tol Cikampek sampai Ciganea pun dirinya menempuh perjalanan selama hampir 3 Jam. “Biasanya hanya butuh waktu 45 menit, ini terhenti sampai 2 Jam, kalau sampai Ciganea butuh 3 Jam, mungkin lebih,” keluh sopir kontainer ini.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang turun langsung membagikan snack beserta jajaran pegawai Pemkab Purwakarta menuturkan, langkah yang diambilnya tersebut sebagai wujud empati dan upaya mengurangi beban pengendara yang sedang terjebak kemacetan.

“Saya pernah mengalami kondisi seperti ini, meskipun diam, kalau dalam kondisi macet pasti rasanya lelah, waktu terbuang, timbul stres, sementara bagi sopir angkutan umum pasti penumpang sepi, bagi sopir truk uang jalan pas-pasan bahkan pasti kurang. Ini bentuk empati kami. Hari ini kami bagikan 5.000 paket snack hingga hari-hari ke depan sampai kondisi ini membaik,” kata Dedi saat ditemui sambil membagikan snack.

Tak hanya snack dan air mineral, halaman kantor Pemerintah yang berlokasi di ruas jalan yang terimbas kemacetan pun siap digunakan sebagai rest area gratis bagi pengguna kendaraan yang mengalami kelelahan. Berdasarkan pantauan, Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) yang terletak di ruas Jalan Veteran Purwakarta sudah memasang papan pengumuman dan memberitahukan kesiapan kantornya tersebut untuk dijadikan rest area. Aksi itu sendiri dipimpin langsung oleh Kepala BPMPTSP, Iyus Permana.

Disamping itu, bupati menghimbau agar masyarakat memiliki kesadaran dan keikhlasan untuk membantu pengguna jalan yang mengalami kemacetan di ruas-ruas jalan Kabupaten Purwakarta. “Bukan hanya pegawai, masyarakat pun saya lihat sudah banyak yang membantu, buat masyarakat yang lain saya imbau turut membantu juga,” tambah Dedi.

Reporter : Rosad Nurdin

Editor    : Aga Gustiana