Lagi, Satu Pohon di Situ Buleud Purwakarta Tumbang

Foto : Petugas DKP  memerlukan waktu lebih dari 6 jam untuk membereskan dahan dan batang pohon yang tumbang.

PURWAKARTA, headlinejabar.com 

Satu pohon di areal Taman Sri Baduga Maharaja Situ Buleud kembali tumbang, Rabu (10/2/2016) pagi tadi. Pohon Asam tersebut diperkirakan berusia 150 tahun tumbang‎ tanpa sebab sekira pukul 10.55 wib. Pohon ini berdiameter lebih dari 3 meter tumbang menimpa pagar dan menutup badan jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Petugas menutup akses jalan untuk mengevakuasi pohon yang tumbang. Besarnya pohon mengharuskan belasan petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Purwakarta, memerlukan waktu lebih dari 6 jam untuk membereskan dahan dan batang pohon tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan DKP Purwakarta Rustam memaparkan, jika robohnya pohon tersebut lebih dikarenakan usia pohon yang berusia ratusan tahun. “Kalau dari informasi dari dinas pertanian, usia pohon ini lebih dari satu setengah abad, dimana pohon ini diperkirakan ditanam sejak jaman penjajahan dulu, dengan akar yang lebih membentuk dahan, pohon ini pun roboh,” ujar Rustam di lokasi.

Rustam menjelaskan tak ada korban dalam musibah ini dikarenakan adanya kesigapan petugas yang ketika pohon tersebut akan tumbang berada di lokasi. Kedepan DKP berkoordinasi dengan dinas pertamanan secepatnya membentuk tim khusus tebang pilih sebagai antisipasi kembali pohon tumbang tersebut.

“Kami secepatnya membentuk tim tebang pilih, mengingat masih banyak pohon berusia ratusan tahun di purwakarta,” pungkasnya.(jem)