Luncurkan Tas Kain Viscose, SPV Terus Tunjukan Komitmen Peduli Lingkungan

Para peserta saat menggunakan tas kain Viscose pada acara Paparan Program Pengelolaan Lingkungan Hidup di Bale Yudistira Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

PT. South Pacific Viscose (SPV) sebagai anggota Lenzing Group, dan merupakan salah satu perusahaan serat viscose terbesar di dunia dengan lebih dari 40 tahun pengalaman operasional di Purwakarta, kembali menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan hidup.

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, SPV telah menerapkan standar lingkungan yang ketat, memenuhi standar lingkungan nasional dan internasional.

SPV juga berkomitmen untuk terus menjaga kualitas lingkungan sekitar sekaligus berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan global.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, SPV meluncurkan program ganti tas belanja dengan tas kain viscose yang dapat digunakan beberapa kali, sebagai alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai.

Baca Juga  TAPD: APBD Purwakarta 2018 Tidak Dirombak

Apriandi Yana, Senior Manager SHE SPV mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengurangan sampah plastik dan mendorong kebiasaan berbelanja yang berkelanjutan.

Pada tanggal 15 Juni, SPV diundang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dan mendapat kesempatan untuk memaparkan program pengelolaan lingkungan hidup sebagai upaya menjaga air olahan keluar ke sungai Citarum sesuai dengan baku mutu lingkungan, juga pengelolaan emisi ke udara dengan memaksimalkan pemulihan dan daur ulang, dan penanganan limbah secara keseluruhan.

“Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan acara ini dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dengan tema “Beat Plastic Pollution”. Dalam acara ini SPV juga juga mengambil kesempatan untuk membagikan 400 tas kain viscose yang ramah lingkungan kepada masyarakat yang hadir,” kata Yana, Jumat 23 Junin2023.

Baca Juga  Gelar Seminar Kebangsaan, Kodim 0619 Perkokoh Budaya Bangsa

“Kami berharap bahwa inisiatif ini dapat menjadi langkah awal dalam mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai dan mendorong adopsi tas kain yang berkelanjutan di masyarakat” ungkapnya..

Selanjutnya, lanjut Yana, pada tanggal 22 Juni 2023, SPV mendapat Piagam Penghargaan dari Bupati Purwakarta atas partisipasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas Upaya SPV dalam mengelola lingkungan hidup selama ini.

”Kami merasa terhormat dan bersemangat untuk terus berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan” jelas Yana.

Sementara itu, Presiden Direktur SPV, Sri Aditia mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah (Pemda) Purwakarta khususnya kepada Bupati dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang telah memberikan kesempatan kepada SPV untuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga  Sampurasun Pariwisata Purwakarta Diganjar Penghargaan Kemenpar RI

“Kolaborasi antara sektor industri dan pemerintah sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Adi.

Diketahui, saat ini SPV sedang dalam tahap penyelesaian proyek SPV Future. Melalui proyek ini, SPV akan memproduksi produk ECOVERO™ bersertifikat Ecolabel dari Eropa, yang merupakan serat viscose ramah lingkungan dengan jejak karbon yang lebih rendah.

SPV berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, SPV juga berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan praktik bisnis yang berkelanjutan, serta berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.