Pembangunan Jalan Bungurjaya Tunggu Realisasi Anggaran Tahun Depan

Jalan Bekas Longsoran di Bungurjaya Rusak Sepanjang 60 Meter

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com Perbaikan jalan bekas tergerus longsoran di Bungurjaya Kecamatan Pasawahan baru bisa terlaksana tahun 2016. Ini dikarenakan, anggaran dan perencanaan baru bisa masuk pada pos anggaran tahun depan.

Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta menginformasikan jika sejauh ini hanya baru dibuka jalan baru. Jalan yang rusak penghubung antara Pondokbungur dan Bungurjaya itu sepanjang 60 meter.

“Pembangunannya baru pembebasan. Karena kejadian itu muncul ketika semua perencanaan beres dalam APBD. Jadi, untuk perbaikan belum ada anggaran,” kata Kepala Bina Marga dan Pengairan Ir Budi Supriyadi MM.

Pihaknya sudah melakukan kesepakatan, ihwal tanah di lahan tersebut akan dibeli Pemda. Alasannya, lokasi lahan tersebut masuk kategori rawan pergerakan. Sehingga perlu perhatian serius.

“Nanti diusulkan di anggaran 2016. Sejauh ini perencanaan belum, jadi belum diketahui waktu pelaksanaan. Terkait kawasan lahan, perlu diberlakukan pengerasan,” tambah Budi. 

Upaya perbaikan sendiri perlu dilakukan serius. Karena kerusakan jalan dinilai parah, memakan tanah sepanjang 60 meter. Sejauh ini, pihaknya sudah membuka jalan baru, bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

“Mobil dan motor sudah bisa lewat. Upaya pembebasan lahan juga sudah clear. Untuk kewenangan pembebasan lahan, berada di naungan Kabag Penum Pemkab Purwakarta,” kata Budi.

Kedepan, di lahan tersebut akan dilakukan penghijauan seperti penanaman pohon. Karena sejauh ini, di kawasan tersebut diprediksi akan kembali terjadi longsoran jika tidak dikelola maksimal.

“Lahannya kritis, kalau itu dibiarkan berdampak longsor lagi. Kami akan membeli lahan tersebut, dan akan dihijaukan. Nanti bekerjasama dengan OPD lain khususnya Distanhutbun,” tutur dia.

Terkait pemberitaan ini, sebelumnya warga di Bungurjada dan Pondokbungur menyayangkan jika pembangunan jalan bekas longsoran belum diperbaiki. Warga menginginkan, jalan tersebut kembali diperbaiki.(dzi)