Pemkab Purwakarta Gelar Lomba Kebersihan RT RW Tiap Desa Berhadiah Rp100 Juta

Foto : Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat memberikan keterangan pers ke sejumlah media massa. Dedi menerangkan akan menggelar lomba kebersihan RT RW tiap desa se-Purwakarta berhadiah Rp100 juta

PURWAKARTAheadlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, berencana akan menggelar lomba kebersihan tingkat kabupaten yang melibatkan seluruh rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di setiap desa yang ada di Kabupaten Purwakarta. Bukan main, Pemkab menyediakan hadiah sebesar Rp100 juta bagi pemenang lomba. Program prestisius di wilayah kebersihan lingkungan ini, rencananya akan dihelat pada bulan April 2016 mendatang.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerangkan, lomba kebersihan tersebut merupakan bagian dari implementasi program dan aturan desa berbudaya. Yang mana, program desa berbudaya selama ini telah diterapkan masyarakat perdesaan di Purwakarta.

“Lomba kebersihan bulan April nanti diberikan hadiah sebesar Rp10 juta. Kegiatan ini masuk dalam kategori desa berbudaya,” ungkap Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, baru-baru ini.

Bupati yang juga dikenal sebagai Budayawan Jawa Barat ini menjelaskan, lomba kebersihan diikuti 192 desa dan kelurahan. Bagi yang mendapatkan juara, nantinya akan diikutsertakan lomba selanjuntnya yaitu tingkat kecamatan.

“Kalau tingkat kecamatan kami siapkan hadiahnya sekitar Rp100 juta,” ujarnya.

Untuk tahapan penilaian lomba kebersihan tingkat desa akan dinilai dari dewan juri di kecamatan, lalu untuk lomba di tingkat kecamatan dewan jurinya langsung dari kabupaten. “Waktu penilaiannya selama satu bulan penuh,” papar Dedi.

Dedi menambahkan, bagi desa yang mendapatkan predikat desa yang tidak bersih, ia akan mengumumkan di media massa bahwa desa atau kecamatan tersebut masuk kategori desa terkotor di Purwakarta.

“Desa yang tingkat paling kotor se-Purwakarta, nantinya diumukan di media massa,” tegas Dedi menutup.(jem/dzi)