Puluhan Tahun Terisolir Sukasari Jadi Wilayah Pariwisata

Foto: Lokasi jalan di Kecamatan Sukasari yang Sedang Diperbaiki

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Siapa yang tak kenal dengan satu wilayah di Kabupaten Purwakarta ini. Kecamatan Sukasari, salah satu daerah terisolir di Kabupaten Purwakarta akibat dari dampak pembangunan industri pembangkitan listrik perairan Jatiluhur.

Selama puluhan tahun masyarakat Sukasari hidup dalam keterbatasan akses dan infrastruktur. Di era kepemimpinan Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta dua kali periode menyulap Sukasari di masa akhir jabatannya.

Baca Juga  Data Penerima BPNT Diambil Dari Tahun 2011, Picu Kericuhan?

Selesai membangun insfrastruktur Sukasari, Bupati Dedi berencana menjadikan Kecamatan Sukasari menjadi salah satu area pariwisata berbasis alam. Hal itu dia ungkapkan ketika meninjau secara langsung pembangunan infrastruktur jalan Sukasari bersama awak media, Selasa (29/12/2015).

Menurutnya geografis Sukasari memiliki alam yang indah, sehingga cukup potensial dikembangkan menjadi pariwisata berbasis alam. Salah satu opsi, pengembangan wisata kampung bambu.

Baca Juga  Meriahkan Malam Takbir, Pemkab Purwakarta Gelar Festival Dulag

“Potensi di Sukasari bisa kita kembangkan menjadi wilayah pariwisata berbasis alam maupun wisata terkoneksi misalnya kampung bambu ataupun bumi perkemahan pramuka,” ujarnya.

Pengembangan kampung bambu sendiri karena potensi Sukasari yang memiliki hutan bambu berkualitas baik. Di Sukasari juga terdapat produk kreatifitas bambu hasil tangan masyarakat setempat.

“Dan kita akan terus kembangkan salah satu potensinya bisa jadi agro wisata hutan bambu yang saya kira bambu di sini memiliki kualitas yang sangat baik dan mulai Januari 2016 project tersebut kita kerjakan,” tuturnya.(jem)

Baca Juga  Camat Purwakarta Ground Breaking Kotaku