Jabar  

Ratusan Warga ‘Ngaliweut’ Bersama Wabup Purwakarta

Foto: Wakil Bupati Purwakarta H Dadan Koswara bersama tokoh masyarakat Kp Bongas saat akan menjadi juri lomba nasi liwet

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Ratusan warga Kp Bongas, Kel Sindangkasih, Kec/Kab Purwakarta, Jawa Barat, ikuti lomba ngeliwet, Kamis (27/8/2015) malam. Lomba ngeliwet kian meriah saat panitia menyiapkan hadiah door prize bagi warga yang mampu menyajikan nasi liwet sempurna.

“Udah kenyang makan nasi liwet gratis, pulangnya bawa hadiah pula. Senang banget,” ungkap salah satu warga yang juga peserta lomba liwet. Pada kegiatan ngeliwet massal itu, panitia lokal dipelopori Ketua RW setempat, Agus menghadirikan Wakil Bupati Purwakarta H Dadan Koswara. Menurut Ketua RW 04 Agus, penyelenggaraan lomba ngeliwet ini dalam rangka memperingati HUT RI ke 70. “Kegiatan ini juga sekaligus merayakan Hari Jadi Kab Purwakarta. Semangat kebersamaan yang terbangun pada ngeliwet massal membuat kegiatan ini kian meriah dan penuh kekeluargaan,” katanya. Ia menambahkan, lomba liwet massal ini diikuti sekitar 22 kelompok yang 80 persen diantaranya warga setempat dan 20 persen lainnya berasal dari luar Kampung Cigedogan.

Baca Juga  Asep Muhammad Nazar Pengunggah Video Ceramah Habib Riziq Shihab di Purwakarta

Seluruh kelompok serentak menanak nasi menjadi liwet. Panitia menilai, kelompok warga yang mampu menyajikan nasi liwet bercita rasa nikmat dinobatkan sebagai pemenang.

Setelah panitia memberi komando liwet massal dimulai, para ibu-ibu ini langsung mengolah bahan dasar untuk ngeliwet. Menanak nasi di katrol (sejenis panci), menyuci beragam sayur lalapan, dan mengoreng tahu, tempe, asin serta mengulek sambal.

Baca Juga  Pemkab Purwakarta Antar Jemput Jamaah Haji

Setelah nasi liwet jadi, Wakil Bupati Purwakarta H Dadan Koswara didaulat menjadi juri untuk mencicipi satu persatu liwet yang dibuat perkelompok warga. Dalam kesempatan tersebut, Dadan juga menyampaikan jika masyarakat harus senantiasa selalu bersama.

Bahkan, bukan hanya dalam kegiatan seperti ini melainkan dalam mendukung program pemerintah kabupaten khususnya Bupati Purwakarta.(red/ays)