Satu RW di Kelurahan Situsaeur Kota Bandung Role Model Kampung KB

BANDUNG, headlinejabar.com

Salah satu program Pemerintah Pusat dalam hal pembinaan dan penguatan keluarga, adalah kampung keluarga berencana (KB). Program ini bertujuan agar masyarakat di daerah turut serta membangun keluarga yang berkualitas.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial usai meninjau dan mencanangkan Kampung KB di RW 07 Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung Jawa Barat, Sabtu (4/6/2016).

“Yang namanya kampung KB itu diharapkan masyarakat dalam berumah tangga dan berkeluarga itu bisa lebih terencana,” kata Oded.

Warga RW 07 Kelurahan Situsaeur ini adalah warga yang luar biasa. Masyarakat memiliki kesadaran cukup tinggi akan pentingnya program KB. Setiap komponen masyarakat bekerja sama untuk menciptakan keluarga yang berkualitas sehingga sistem kemasyarakatan bisa dibangun dengan kokoh. 

Menjadi alasan mengapa kampung KB dicanangkan di wilayah tersebut. “Saya berharap ini jadi miniatur, jadi role model. Kalau berhasil, pak lurah, tolong ditularkan (ke wilayah lain,red),” ucap Oded.

Ia menambahkan, padatnya penduduk Kelurahan Situsaeur ini juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa kampung KB dicanangkan di tempat tersebut. Ke depannya, Oded menargetkan untuk mencanangkan kampung KB lainnya di wilayah padat penduduk. Sejalan dengan target Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Wendi Hartanto menuturkan, pihaknya memang menyasar perumahan padat penduduk dalam melaksanakan program kampung KB ini. Dengan demikian dampak dari program BKKBN ini akan jauh lebih masif, efektif dan efisien.

Pada hakikatnya, Wendi menjelaskan, program ini bertujuan untuk membangun keluarga yang berencana. Pada akhirnya, melalui koordinasi dengan berbagai pihak, program ini akan menghasilkan keluarga yang berkualitas sehingga menciptakan situasi masyarakat yang kondusif dilihat dari berbagai dimensi.

Dalam paparannya, Wendi mengutip salah satu perkataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mencanangkan kampung KB pertama di Cirebon.

“Kata Pak Jokowi, kampung KB harus dimulai dari situasi sederhana. Lalu dibangun secara sinergi antar dinas secara bersama,” tutur Wendi. Pencanangan kampung KB ini berada di bawah koordinasi Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung. 

Kepala BPPKB Kota Bandung Entin Kartini menyampaikan, Kampung KB ini mencoba memadukan konsep pembangunan terpadu bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera.

“Ini adalah salah satu upaya untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB,” kata Entin.(*)


 

Editor : Dicky Zulkifly