Bentuk Kepedulian Polair Purwakarta Edukasi Protokol Kesehatan terhadap Masyarakat

Kasatpolair Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar saat memberikan masker dan mengedukasi masyarakat akan penerapan protokol kesehatan/headlinejabar-Diky Julkifli.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Meski data fluktuasi infeksi Covid-19 terpantau melandai dan bikin masyarakat nyaman, pandemi belum lah usai. Semua pihak mesti bermental dewasa dan berkomitmen mengubah perilaku kehidupan sehari-hari tetap selaras dengan panduan adaptasi kebiasaan baru termasuk panduan pemberlakuab pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak. Itu salah satu cara yang paling tepat dilakukan, guna memutus mata rantai dan mencegah penyebaran Covid-19.

Berkenaan dengan hal itu, khusus dalam upaya menekan penyabaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta melakukan berbagai cara.

Seperti yang dilakukan Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta yang getol membagikan masker kepada masyarakat, hingga memberikan imbauan tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang tidak boleh kendor.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasatpolair, AKP Jajang Sukandar mengatakan pihaknya terus memberi imbauan kepada masyarakat agar mematuhi Prokes, sekaligus melaksanakan pembagian masker dilakukan setiap hari.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta. Sehingga dengan kerjasama yang baik diharapkan pandemi ini dapat cepat usai.

“Walaupun penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta masih tergolong aman, namun kita jangan lengah dan terus berupaya semaksimal mungkin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang baik, agar dengan dukungan kita semua pandemi Covid-19 ini dapat cepat berakhir,” terang Jajang, Sabtu (13/11/2021).

Ia menambahkan, tidak hanya masyarakat di daerah pesisir ataupun wisatawan di waduk Jatiluhur saja, Satpolair Polres Purwakarta juga bagikan masker dan memberikan imbauan tentang penerapan prokes guna mencegah penyebaran virus covid-19 kepada petani ikan yang tinggal di kolam jaring apung.

“Kami terus berikan imbauan dan bagikan masker kepada warga di pesisir, wisatawan hingga warga yang tinggal di kolam jaring apung di tengah waduk Jatiluhur,” ucap Jajang.

Jajang berharap, kegiatan yang dilakukan Satpolair Polres Purwakarta menjadi langkah bersama dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

“Kami harap kita bisa bekerjasama dalam memutus penyebaran virus covid-19. Tetap jaga kesehatan diri dengan cara makan-makanan yang bergizi serta mulailah hidup sehat dan jangan lupa tetap mentaati protokol kesehatan,” ungkapnya.

Meskipun sudah divaksin, Jajang meminta masyarakat agar prokes harus tetap dijalankan secara ketat.

“Vaksin itu sinergi dengan prokes, keduanya harus dijalankan secara bersama untuk menghilangkan pandemi. Ini selalu saya sampaikan tetap yang namanya disiplin terhadap protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan ketat,” ujarnya.

Salah satu warga pesisir Jatiluhur, Wawan Ridwan (40) berterima kasih kepada jajaran Satpolair Polres Purwakarta karena sudah getol melakukan edukasi seputar pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada Satpolair Polres Purwakarta karen sudah peduli kepada warga pesisir Jatiluhur. Sering memfasilitasi warga yang mau divaksinasi dan melakukan edukasi tanpa bosa agar kita semua terhindar dari infeksi Covid-19,” ujar Wawan.(dik)