Kapolda Jabar Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes Selama Nataru

Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mapolres Purwakarta, Jawa Barat/headlinejabar-Diky Julkifli.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Suntana mengimbau seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Masyarakat diimbau untuk komitmen mengubah perilaku kehidupan sehari-hari tetap selaras dengan panduan adaptasi kebiasaan baru (AKB) termasuk panduan PPKM.

Tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Baca Juga  Kebut Vaksinasi Lansia, Pemkab Purwakarta Integrasikan Posbindu

Secara khusus Kapolda Jabar pada momentum Natal 25 Desember 2021, masyarakat diminta untuk merayakan Natal dan tahun baru dengan di rumah saja berkumpul bersama anggota keluarga.

“Saya mengimbau masyarakat Jabar untuk tidak bepergian ke manapun apalagi ke tempat-tempat yang berpotensi terjadi kerumunan,” ujar Suntana usai meninjau vaksinasi di Mapolres Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021).

Kapolda Jabar juga meminta masyarakat tidak perlu datang ke suatu tempat yang pada akhirnya bisa menimbulkan kerumunan dan bisa menyebabkan penularan Covid-19.

Baca Juga  Purwakarta Dicap Rawan Penyakit Thalasemia

“Silakan jika mau ke tempat wisata asalkan kita harus tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, seperti memakai masker, menghindari kerumunan dalam rangka mencegah laju penambahan kasus positif Covid-19,” ucap Suntana.

Menurutnya, saat ini tidak ada istilah penyekatan, pihaknya akan melaksanakan check point di beberapa tempat untuk memastikan bahwa masyarakat yang datang ke suatu tempat, mobilisasinya sudah divaksin.

Baca Juga  8 Khasiat Cabe Rawit

“Tidak ada penyekatan, hanya check poin saja dalam memberikan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” kata Suntana.

Walaupun PPKM Level 3 dibatalkan, Kapolda juga tetap mengimbau masyarakat Jabar agar tidak keluar rumah selama malam pergantian tahun.

“Seluruh kepolisan mengingatkan masyarakat yang ingin bepergian, kalau misal tidak terlalu penting tidak usah keluar kota, cukup merayakan Nataru di wilayah masing-masing, karena situasi Covid-19 belum aman,” kata Irjen Pol Suntana.(dik)