Ribuan Siswa PKL di Purwakarta Terlindungi Program BPJamsostek

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Ribuan siswa praktik kerja lapangan (PKL) asal dua sekolah di Kabupaten Purwakarta terlindungi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Lebih detailnya, sebanyak 714 siswa PKL Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Purwakarta sudah terlindungi program BPJamsostek. Selanjutnya, 480 siswa PKL SMKN 1 Plered juga sudah terlindungi program BPJamsostek.

Penyerahan simbolis untuk seluruh siswa PKL yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek sudah dilakukan antara pihak BPJamsostek Purwakarta, sekolah dengan siswa pada Senin 1 Juli 2024.

Baca Juga  Militan Jokowi Ingatkan Pemkab Purwakarta Tak Main-main dengan Duit Covid-19

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Purwakarta Wira Sirait mengatakan, simbolis kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Waka Hubinmas SMKN 1 Purwakarta Ludi Islahudin S.Pd terhadap siswa atas nama Muhammad Muksin Al Marjuki di jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Cindy Rahmayanti di jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan.

“Peserta telindungi selama enam bulan selama melakukan kegiatan praktik kerja lapangan sesuai jurusan,” ujar Wira, Selasa 2 Juli 2024.

Baca Juga  Covid-19 Purwakarta: Positif dan Sembuh  Fluktuatif

Selanjutnya untuk simbolis di SMKN 1 Plered sudah dilakukan antara BPJS Ketenagakerjaan kepada Waka Hubinmas SMKN 1 Plered Deni Sukmana, S.Pd. bersama Pengelola Keuangan Kosasih, S.Pd.

“Simbolis kepesertaan diberikan kepada siswa atas nama Bagus Purwa Dinata dan Siti Reysa Nurahmadani
peserta telindungi selama empat sampai dengan enam bulan selama melakukan kegiatan praktik kerja lapangan sesuai jurusan,” kata Wira.

Setelah terlindungi BPJamsostek, Wira mengharapkan seluruh siswa bisa fokus selama PKL dan tidak merasa cemas bilamana mengalami cedera atau lainnya.

Baca Juga  Kemenkominfo Dukung Gerakan Vaksin Merdeka

“Perlindungan jaminan sosial sangat penting dimiliki seluruh siswa PKL karena sama-sama memiliki risiko kecelakaan kerja dan perlu perlindungan masa depan,” ujar Wira.

Wira menyebutkan, BPJamsostek Purwakarta siap memberikan pelayanan terbaik jika ada sesuatu hal buruk terjadi kepada siswa PKL yang sudah tercover BPJamsostek.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk para siswa PKL yang sudah didaftarkan ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Wira.