6,9 SR Gempa Guncang Tiga Provinsi Sekaligus

Foto : Ilustrasi.ISTIMEWA

JAKARTA,headlinejabar.com

Gempa Bumi dengan kekuatan  6,9 SR 11 Km Barat Daya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan kedalaman 107 km sekitar 23:47 wib, mengguncang Tiga Provinsi sekaligus, Jumat (15/12/2017).

Diketahui, Gempa yang cukup besar terjadi selama 5 sampai 10 detik terjadi di Provinsi Jawa Barat, Provinsi DIY, Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, kawasan Depok, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat turut merasakan goncangan.

Baca Juga  Presiden Jokowi Instruksikan Kabinet Kerja Atasi Kemiskinan Desa

Informasi yang yang dihimpun headlinejabar.com, tak ada korban jiwa dalam Gempa yang terjadi, namun terdapat rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan, yakni Kecamatan Cikalong dan Kecamatan Tibalong. Peringatan dini Tsunami juga sempat diaktifkan karena berpotensi Tsunami.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, menginformasikan sejumlah memiliki durasi goncangan yang berbeda, masyarakat juga sempat berhamburan keluar rumah dan menghubungi Badan Penangggulangan Bencana Daerah.

Baca Juga  PLt Gubernur DKI Sidak Proyek MRT

“Gempa dirasakan kencang 5-10 detik di Provinsi Jawa Barat, masyaraklat panik keluar rumah, belum ada laporan dampak,” ungkap Sutopo.

Untuk Provinsi DIY, gempa dirasakan kencang atau kuat 20 hingga 30 detik, serta Kabupaten Batul gempa dirasakan kencang 5 sampai 30 detik.

“Provinsi Jawa Tengah, gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Hingga saat ini BPBD Provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD Kota/kabupaten wilayah masing-masing,” jelas Sutopo.

Baca Juga  Reuni 212, Anies Baswedan : Tahun Lalu Saya Datang Juga

Lebih jauh, dirinya menambahkan masih melakukan pemantauan bekerja sama dengan BMKG. “Masih dilakukan pemantauan. Update akan disampaikan,” tambahnya.

REPORTER : YUSUF STEFANUS

EDITOR : AGA GUSTIANA