Akibat Banjir, 9 Jembatan di Sukabumi Lenyap Tergerus Banjir

Foto : Salah satu akses sarana jembatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lenyap tergerus arus banjir. Banjir dan longsor memang menjadi musibah yang menghantui masyarakat Kota maupun Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI, headlinejabar.com

Dampak banjir di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kian membesar. Terhitung saat ini, akbat banjir sedikitnya sembilan jembatan di Kabupaten Sukabumi lenyap tergerus arus banjir. Selain karena banjir, bencana longsor juga menyumbang beberapa dampak besar di Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, jembatan yang rusak tersebut di antaranya empat jembatan di Kecamatan Nyalindung, empat di Kecamatan Jampang Tengah dan satu di Kecamatan Gunungguruh.

Baca Juga  Penyanderaan WNI oleh Abu Sayyaf, Presiden Jokowi : Segera Kita Selesaikan

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo mengatakan, untuk jembatan sendiri, saat ini menjadi target percepatan pembangunannya. Pasalnya, banyak warga yang terisolir. Bahkan harus menyebrangi sungai tanpa menggunakan jembatan.

“Ya ada beberapa orang yang terpaksa meneyebrang melewati sungai untuk ke daerah lain akibat rusaknya jembatan. Hal itulah yang mengharuskan percepatan pembangunan jembatan,” ujar Usman kepada headlinejabar.com, Rabu (16/3/2016).

Terdapat sejumlah jembatan yang kembali dibangun masyarakat sekitar. Meski dengan peralatan seadanya. Seperti halnya di daerah Gunungguruh dengan menggunakan bambu secara swadaya. “Beberapa jembatan sudah mulai diperbaiki warga, meskipun seadanya,” ucapnya.

Baca Juga  TKW Asal NTB Diduga Jadi Korban Penjualan Ginjal

Selain jembatan, kata Usman, ada tiga saluran irigasi dan tiga saluran air bersih rusak. Selain itu, sedikitnya 11 rumah rusak berat, 19 rusak sedang dan 39 rusak ringan. “Selain yang rusak ada 34 rumah yang terancam,” ungkapnya.

Akibatnya, kata Usman sebanyak 203 KK mengungsi ke sejumlah tempat yang tersebar di 12 kecamatan yang terdampak bencana banjir dan longsor. “Sebagian KK sudah kembali ke rumah. khususnya yang terkena banjir bandang. Sebab saat ini air sudah kembali surut,” beber dia.

Baca Juga  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil Terima Piagam HAM

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, saat ini Pemkab Sukabumi tengah berupaya melakukan percepatan pembangunan jembatan. Bahkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, pihak desa dan kecamatan membahas teknis pembangunan kembali jembatan yang rusak.

“Dalam pembangunannya, pemkab juga akan berkoordinasi dengan Dinas Binamarga Provinsi Jabar. Bahkan saat ini Kami juga sudah menugaskan tim teknis untuk meninjau langsung lokasi jembatan yang rusak tersebut,” pungkasnya.(rir/dzi)